•   
  •   
  •   
  •   

Jutaan Pemetik Teh Terancam Digantikan Robot

fShare
0

Jakarta - Di masa depan, banyak pekerjaan diprediksi bakal digantikan robot. Termasuk jutaan pekerja di industri teh terancam oleh teknologi canggih itu.

Ramalan itu muncul dari CEO perusahaan teh Dilmah, Dilhan Fernando. Pekerjaan memetik teh yang selama ini dilakukan manusia, tidak lama lagi tergantikan robot dengan kecerdasan buatan. 

"Aku tidak punya keraguan bahwa dalam beberapa tahun lagi, kita bakal melihat robot atau drone memetik teh," sebut Fernando yang dikutip detikINET dari CNBC.

Memetik teh memang bukanlah pekerjaan yang gampang bagi robot. Tapi Fernando yakin teknologi dapat mengatasi tantangan tersebut.

"Harus mampu memahami warna dan gradasi daun teh yang berbeda. Robot bisa melakukannya. Namun harus bisa juga berjalan di medan yang berat dan itu cukup sulit," tambah dia.

Jika prediksi Fernando benar, bisa runyam akibatnya. Pasalnya, di seluruh dunia, diestimasi ada sekitar 13 juta orang terlibat dalam produksi teh. Terutama dari negara-negara berkembang.

Menurut data FAO, produsen teh terbesar antara lain China, India, Kenya dan Sri Lanka. Dilhan mengakui teknologi menjadi ancaman bagi karyawan pabrik teh dan saat ini, belum ada solusinya.

Kekhawatiran ini tidak berlebihan karena di masa depan, robot diprediksi menjadi pilihan bagi banyak perusahaan karena lebih efisien. Jack Ma, pendiri e-commerce Alibaba, belum lama ini memprediksi di masa depan, manusia akan menderita karena teknologi.

"Dalam 30 tahun ke depan, dunia akan merasakan jauh lebih banyak rasa sakit daripada kebahagiaan," demikian ramalan miliader itu.

Kenapa bisa demikian? Ma mengatakan bahwa rasa sakit yang siap melanda manusia dalam tiga dekade lagi itu disebabkan kemajuan teknologi yang berdampak pada berbagai jenis industri dan lapisan masyarakat, sehingga rentan terjadi konflik sosial.

Potensi ancaman ini dilatarbelakangi menurunnya peran manusia. Itu ditandai dengan kemajuan robotika, Artificial Intelligence (AI), dan proses manufaktur canggih yang kemungkinan bisa menggantikan tenaga kerja dalam skala besar. 

Diambil dari http://inet.detik.com/serba-serbi-teknologi/d-3741029/duh-jutaan-pemetik-teh-terancam-digantikan-robot

fShare
0

  

Daftar Makanan Nol Kalori yang Malah Bikin Tubuh Cepat Gemuk

Demi tercapainya berat badan ideal, banyak orang yang sengaja untuk makan makanan rendah kalori. Tidak ada yang salah dengan menjalani diet rendah kalori. Tapi Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih jenis makanannya. Sebab, ada beberapa makanan yang tergolong sebagai makanan nol kalori alias empty calorie, yang diam-diam dapat menggagalkan rencana diet Anda, bahkan hingga mengancam kesehatan tubuh. 

Lebih lanjut ...

5 Komplikasi yang Bisa Terjadi Jika Cacar Air Tidak Diobati Sampai Tuntas

Penyakit cacar air adalah penyakit menular yang bisa menyebar dengan mudah dan cepat. Cacar air bisa berakibat serius pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa yang belum pernah divaksin serta orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya sedang lemah.

Lebih lanjut ...

Ini Bahayanya Bagi Kesehatan Jika Anda Sering Main Handphone Di Toilet

Saat ini, HP sudah jadi benda yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali saat ingin ke toilet. Banyak orang yang main HP di toilet, entah itu untuk mendengarkan musik, browsing, terima telepon, balas chat atau e-mail, ataupun sekedar cek sosial media. Namun, tahukah Anda jika kebiasaan satu ini nyatanya berbahaya?
 

Kenapa main HP di toilet itu tidak baik untuk kesehatan?

Salah satu cara termudah dari penularan penyakit adalah lewat sentuhan. Pasalnya, tangan merupakan salah satu rumah ternyaman bagi bakteri, kuman, dan virus penyebab penyakit. Sekitar 5ribu bakteri menghuni kedua tangan Anda setiap waktu. Oleh karena itu, sentuhan tangan, baik secara langsung dengan kulit orang lain maupun memegang benda, dapat menjadi sarana penyebaran bakteri.
 
Handphone adalah perpanjangan tangan Anda. Bakteri dan kuman yang seharian ada di tangan Anda bisa berpindah ke permukaan handphone. Kamar mandi sendiri merupakan ladang bakteri. Mulai dari tuas pembilas (flush), pegangan pintu, kran air, hingga di dudukan toilet, semua mengandung bakteri. Memegang benda-benda ini dan kemudian lanjut memegang hape selama menuntaskan “urusan kamar mandi” bisa memindahkan bakteri ke hape Anda.
 
Terlebih, saat Anda membilas toilet, air toilet akan bercampur dengan zat sisa urine dan feses yang bisa terciprat hingga 2 meter ke segala arah. Satu gram kotoran manusia bisa berisi satu triliun kuman. Cipratan air tersebut akan menguap dan bakteri yang dibawanya akan menempel di permukaan hape tanpa pernah Anda sadari. Mereka juga bisa merambat ke tangan bahkan setelah Anda cuci tangan, karena setelah cuci tangan Anda pasti akan kembali memegang hape. Bayangkan ada berapa banyak bakteri yang Anda angkut dari hape bergabung dengan bakteri yang sudah tinggal lama di tangan?
 
Mungkin Anda tidak akan langsung makan usai dari kamar mandi, tapi bakteri yang menempel di permukaan handphone akan dengan mudah berpindah tangan ke benda-benda lainnya yang Anda pegang, di luar kamar mandi. Bukannya tidak mungkin jika bakteri tersebut masuk ke dalam makanan Anda. Pasalnya, hampir semua orang pasti pernah iseng main HP saat makan – sekadar untuk cek linimasa atau balas e-mail si bos.
 

Yang bisa dilakukan untuk mencegah paparan bakteri dari HP

Periset di University of Arizona menemukan bahwa main HP di toilet diketahui bisa membawa bakteri sebanyak sepuluh kali lipat lebih banyak dibanding dudukan toilet. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Clinical Microbiology and Antimicrobials menemukan bahwa 95 persen HP para petugas kesehatan diketahui terpapar bakteri. Bahkan beberapa di antaranya berpotensi menyebabkan infeksi, seperti infeksi bakteri staph.
 
Untuk mengurangi kemungkinan Anda terinfeksi penyakit dari kebiasaan main HP di toilet, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan lakukan, yaitu:
 
1. Cuci tangan
 
Cuci tangan merupakan hal yang mudah dilakukan tetapi sayangnya jarang dipraktikan. Pun sekalinya dipraktikkan, banyak orang yang tidak melakukan teknik cuci tangan dengan benar. Padahal, dengan cuci tangan yang benar, risiko penyebaran kuman dapat dikurangi. Jika Anda berada dalam keadaan mendesak dan memang tidak ada pilihan lain untuk cuci tangan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.
 
2. Rutin membersihkan ponsel
 
Jangan sampai keasikan main hape jadi membuat Anda lupa untuk menjaga kebersihan perangkat elektronik yang satu ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, HP Anda merupakan sarang bakteri dan kuman yang bisa meningkatkan risiko infeksi. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk merawat dan menjaga kebersihan HP Anda sendiri.
 
Idealnya, Anda bisa membersihkan dengan alkohol atau cairan antiseptik, namun mengingat HP Anda merupakan salah satu alat elektronik mahal, Anda harus menggunakan cara lain. Sebagai gantinya, Anda bisa membersihkan HP Anda menggunakan kain bersih yang lembut setiap hari. Atau jika perlu, pertimbangkan untuk menggunakan pembersih khusus untuk layar atau perangkat HP Anda secara keseluruhan.

Diambil dari https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/bahaya-main-hp-di-toilet/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss

Lebih lanjut ...

Badan Gemuk Akibat Faktor Genetik, Bagaimana Mengatasinya?

Badan gemuk ada yang karena memang sudah gemuk dari kecil. Ada yang bilang ini disebabkan oleh faktor genetik. Benarkah badan gemuk sedari kecil memang disebabkan oleh gen? 

Lebih lanjut ...

Kapan Waktu Olahraga Terbaik Agar Berat Badan Cepat Turun?

Selain mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, olahraga juga perlu dimasukkan ke dalam rutinitas harian Anda kalau mau berat badan cepat turun. Olahraga pada dasarnya boleh dan baik dilakukan kapan saja, di mana saja. Namun, adakah waktu olahraga terbaik agar penurunan berat badan lebih efektif — pagi atau malam hari?

Lebih lanjut ...

Mengenal Si Pembohong Patologis dan Si Pembohong Kompulsif

Semua orang pasti pernah berbohong sepanjang hidupnya, kerena pada dasarnya berbohong adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut ...

Buah-Buahan yang Paling Baik untuk Sarapan

Sarapan menjadi salah satu aktivitas yang wajib kita jalani di pagi hari. Memulai hari Anda dengan sarapan dapat membantu memberikan energi awal untuk menjalankan aktivitas Anda seharian.

Lebih lanjut ...

JANGAN ABAIKAN STRES

Orang sekarang semakin banyak dihadang stressor. Bentuk stressornya beraneka ragam, setiap saat dalam hidup stressor menyergap. Bisa hanya satu jenis, bisa keempat-empat stressornya. Mungkin cuma tekanan, saat lain juga konflik batin, pada ketika yang lain ada frustrasi, selain krisis. Siapa pun kita, stressor ada dalam perjalanan hidup kita.

Lebih lanjut ...

Pertolongan Pertama Saat Kaki Keseleo Atau Terkilir

Terkilir adalah jenis cedera ligamen yang diakibatkan oleh robeknya serat-serat ligamen. Ligamen sendiri merupakan pita kuat dan elastis yang menghubungkan tulang dengan tulang, sekaligus menahan persendian agar tetap di tempatnya.

Lebih lanjut ...

Bagaimana Kanker Memungkinkan Dicegah

Kanker terjadi karena sel tubuh berubah sifat, dari normal, ikut aturan, menjadi nakal tidak tunduk pada aturan biologis sebagaimana menjadi kodratnya. Termasuk dalam hal membelah diri. Mengapa sel tubuh berubah sifat?

Lebih lanjut ...

Rumah RV, Rumah Robot Masa Depan

Banyak sekali kisah fiktif yang menceritakan gambaran kehidupan masa depan, robot selalu dikaitkan dengan apa yang ada pada masa depan.

Lebih lanjut ...

Pelajar Sidoarjo Bikin Robot Transportasi Tanpa Polusi

Sidoarjo - Pelajar SMA Muhammadiyah II Sidoarjo berhasil menciptakan robot transportasi tanpa mengeluarkan polusi. Robot ini juga meraih juara satu tingkat nasional yang diadakan di Universitas Indonesia.

Lebih lanjut ...

Robot Pelayan Restoran Di Cina Rp 160 Jutaan

Teknologi kian hari semakin berkembang sangat pesat. Berbagai macam kemajuan teknologi saat ini berhasil membuat kehidupan manusia lebih dipermudah. 

Lebih lanjut ...

Robot Bakal Gantikan Peran Dokter dan Perawat

Di Amerika Serikat, robot bisa memberikan perawatan inap di rumah sakit. Robot ini nantinya tak hanya menggantikan dokter & perawat saja. 

Lebih lanjut ...

Eksistensi Robot Mengancam Profesi Manusia

Sebuah penelitian oleh Forrester Research memperkirakan pada 2021 robot akan mulai mengambil sebagian pekerjaan manusia. Pekerjaan seperti bankir, supir taksi, dan agen pelayanan konsumen, menjadi yang paling terancam oleh perkembangan teknologi kecerdasan buatan.

Lebih lanjut ...

Robot Cerdas Ancam Jutaan Pekerjaan

Kemajuan dalam kecerdasan buatan akan segera menghasilkan robot yang mampu melakukan banyak hal, layaknya manusia.

Lebih lanjut ...

Robot Gantikan Pekerjaan Manusia pada 2020

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah penelitian dari The World Economic Forum (WEF) menyebutkan sekitar 5 juta pekerjaan dari segala profesi akan digantikan oleh robot pada 2020 mendatang.

Lebih lanjut ...

Honda Ciptakan Saudara Asimo, Robot Penanggulangan Bencana

Metrotvnews.com: E2-DR menjadi saudara dari Asimo, robot buatan Honda. Robot E2-DR didesain bukan menjadi robot cerdas, melainkan menjadi bala bantuan pada saat terjadi bencana.

Lebih lanjut ...

Jepang Kembangkan Robot Penjaga Stasiun

Jakarta - Salah satu kendala ketika berpergian ke Jepang adalah tidak semua warga di sana bisa berbahasa Inggris. Untuk mengatasinya, perusahaan kereta East Japan Railways (JR East) bakal menghadirkan robot di beberapa stasiun kereta.

Lebih lanjut ...

Tak Butuh SPG, Jepang Jualan Bir Pakai Wanita Jadi-jadian

Jakarta - Ketika berbicara teknologi, Jepang mungkin menjadi salah satu negara dengan perkembangan teknologi yang maju. Penerapan teknologi ini pun dilakukan di semua aspek, termasuk ketika berjualan bir di supermarket.

Lebih lanjut ...

All for Joomla All for Webmasters