•   
  •   
  •   
  •   

Canggih, Tato Pintar Ini Bisa Cek Status Kesehatan

fShare
0

Liputan6.com, Massachusetts - Smartwatch dengan kemampuan fitness tracker yang bisa mendeteksi status kesehatan, ternyata tak bisa sepenuhnya berfungsi dengan optimal. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan kapasitas daya dan koneksi nirkabel.

 

Melihat permasalahan ini, ilmuwan Universitas Harvard dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) menciptakan perangkat berupa tato pintar yang bisa berfungsi sebagai sensor kesehatan penggunanya. Menariknya, tato ini tidak memerlukan daya atau koneksi nirkabel sama sekali.

Seperti dilansir Engadget, Rabu (4/10/2017), tinta tato tersebut ternyata berperan sebagai kandungan kimia yang mampu mendeteksi kondisi darah pengguna.

Tinta berwarna hijau bisa mengetahui kondisi saat pengguna dehidrasi, sedangkan tinta warna hijau satunya lagi bisa berubah warna menjadi cokelat jika gula darah penggunanya naik. Tato ini juga dirancang "bersahabat" dengan orang yang tidak terbiasa menggunakan tato. Pasalnya, tato bisa dipasang dengan lem khusus dan tidak menyakiti kulit. Ia juga bisa tampil transparan, dan hanya akan tampak jika terkena cahaya di luar.

Tato pintar yang bisa mengontrol status kesehatan manusia semacam ini, bukanlah yang pertama. Sebelumnya, MIT juga menciptakan tato bernama DuoSkin yang bisa terhubung dengan smartphone. Tak hanya itu, tato ini juga bisa menampilkan output suhu tubuh serta mengirimkan data ke perangkat lain melalui NFC.

Menurut tim peneliti, tato tersebut dapat digunakan tiga hal, yakni sebagai trackpad atau virtual control untuk mengatur volume pada smartphone atau perangkat lainnya. Tato juga bisa menampilkan output yang sesuai dengan perubahan suhu tubuh si pemakai. Ketiga, tato tersebut bisa juga berisi data yang mampu dibaca perangkat lainnya.

Diambil dari : http://tekno.liputan6.com/read/3114929/canggih-tato-pintar-ini-bisa-cek-status-kesehatan?HouseAds&campaign=TeknoUnik_Tekno_STM

 

fShare
0

  

Segudang Manfaat Tembaga Copper untuk Menjaga Kecantikan Kulit Wajah

Tembaga adalah salah satu zat mineral yang dibutuhkan tubuh. Tembaga dapat ditemukan dalam sumber makanan sehat, seperti hati sapi, jamur, gandum utuh, kacang dan biji-bijian, dark chocolate, hingga kerang laut.

Lebih lanjut ...

4 Manfaat Bermain di Alam Bebas untuk Tumbuh Kembang Anak

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, anak-anak semakin menjauh dari alam bebas. Meningkatnya ketakutan orang tua terhadap penyakit dan bahaya bermain di luar juga merupakan faktor besar lainnya. Padahal, sepanjang sejarah manusia, anak-anak tumbuh dalam lingkungan alam bebas.

Lebih lanjut ...

5 Cara Kilat Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam

Besok ada acara penting di kantor, pesta yang sudah ditunggu-tunggu, atau bahkan kencan dengan gebetan, tapi hari ini mendadak ada jerawat bengkak merah muncul di wajah.

Lebih lanjut ...

Jangan Salah, Demam Ternyata Bermanfaat Bagi Tubuh Karena Alasan Ini

Ketika Anda demam, memang rasanya sangat tidak nyaman. Anda jadi tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Bahkan untuk beristirahat saja badan tidak enak.

Lebih lanjut ...

5 Manfaat Dahsyat Berpikiran Positif Bagi Kesehatan Tubuh

Berpikiran positif atau Positive Thinking mungkin pernah terdengar di telinga atau terucap di mulut anda. Berpikiran positif merupakan cara pandang seseorang yang mengedepankan atau melihat sesuatu dan segala apa yang terjadi dalam hidupnya sebagai pengalaman yang sangat berharga untuk kesuksesannya.

Lebih lanjut ...

Perjuangan Ade Jualan dari Subuh sampai Malam demi Sewa Rusun

Perjuangan Ade Jualan dari Subuh sampai Malam demi Sewa Rusun

Hari ini Club ingin bagikan kisah nyata mengenai orang yang tidak pernah berhenti berjuang dan kehabisan ide. Semkga inspiratif buat kita semua.

Jakarta - Adenawar (47) tak putus asa, meski terpaksa tinggal di Rusun Pesakih sejak direlokasi. Ia rela berdagang berkeliling rusun untuk menjual mainan anak, bakso, dan martabak dari pagi hingga malam demi biaya sewa dan hidup keluarganya.

Lebih lanjut ...

Tumor Payudara Bisa Dicegah Dengan Rajin Minum Teh, Ungkap Penelitian Baru

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Human Molecular Genetics tahun 2017, ada kemungkinan perubahan aktivitas gen pada tubuh wanita yang rutin minum teh.

Lebih lanjut ...

5 Tahap yang Harus Dilalui Kalau Mau Sukses Mengusir Kebiasaan Buruk

Sebuah kebiasaan buruk yang dipelihara dan dibiarkan berlama-lama, bisa menjadi bumerang dalam hidup Anda. Dimulai dari kebiasaan tidak sehat seperti ngemil sebelum tidur, kebiasaan menunda pekerjaan untuk main game, sampai kebiasaan terlambat. Namanya juga kebiasaan, pasti susah untuk dibuang. Maka dari itu, Anda harus mencari cara mengubah kebiasaan buruk tersebut.

Lebih lanjut ...

Cara Aman Supaya Haid Datang Lebih Cepat

Siklus menstruasi wanita dewasa yang normal berlangsung antara 21-35 hari, sementara pada remaja 21-45 hari. Kadang siklus menstruasi yang tidak teratur bisa bikin seseorang jadi gugup menanti datangnya menstruasi.

Lebih lanjut ...

Menurut Ilmuwan, Begini Cara Membakar Lebih Banyak Kalori Saat Berjalan

Agar jalan kaki bisa membakar lebih banyak kalori, berjalan biasa-biasa saja ternyata tidak cukup.

Lebih lanjut ...

Robina Dan Humanoid Robot

Perusahaan otomotif ternama Toyota tidak hanya memamerkan produk mobilnya saja, tetapi juga menampilkan 2 buah robot yang bernama Robina dan Humanoid pada  ajang Indonesia Internasional Motor SHOW (IIMS) 2012 yang digelar di JIEXPO pada 20-30 September 2012 kemarin.

Lebih lanjut ...

Pertemuan Pertama Kali Tiga Kapal Pesiar Terbesar Dunia

Kapal pesiar Royal Caribbean International Oasis of The Seas, Allure of The Seas, dan Harmony of the Seas terbaru hadir bersama untuk menandai kedatangan barunya di Port Everglades.

Lebih lanjut ...

Kata Jokowi: Jangan gagap pada Ekonomi Digital

Demo taksi konvensional terhadap kehadiran taksi berbasis aplikasi telah menyadarkan Indonesia tentang kehadiran ekonomi digital tidak lagi bisa dibendung. Jokowi sebagai presiden yang visioner dan mendukung ekonomi kreatif mengingatkan supaya para pejabat dan para pelaku bisnis tidak gagap dalam menghadapi ekonomi digital. 

Lebih lanjut ...

Rinna, Sahabatku Seorang Robot

Jakarta - Jika pernah menonton film 'Her' (2013), maka Anda bisa membayangkan bagaimana interaksi manusia dengan komputer pribadinya di masa depan. 

Lebih lanjut ...

Jepang Kembangkan Robot Penjaga Stasiun

Jakarta - Salah satu kendala ketika berpergian ke Jepang adalah tidak semua warga di sana bisa berbahasa Inggris. Untuk mengatasinya, perusahaan kereta East Japan Railways (JR East) bakal menghadirkan robot di beberapa stasiun kereta.

Lebih lanjut ...

Robot Ini Mampu Memasak Makanan Lezat Tak Kalah dengan Koki Profesional Loh, Mau Nyoba?

Sebuah robot saat ini bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Bahkan, kegiatan memasak pun dapat pula digantikan oleh robot.

Lebih lanjut ...

Jutaan Pemetik Teh Terancam Digantikan Robot

Jakarta - Di masa depan, banyak pekerjaan diprediksi bakal digantikan robot. Termasuk jutaan pekerja di industri teh terancam oleh teknologi canggih itu.

Lebih lanjut ...

5 Gelar Sarjana Ini Akan Punah di Masa Depan

Teknologi bak pisau bermata dua. Pada masa depan, robot akan menggantikan fungsi manusia. Revolusi teknologi yang sedang dihadapi saat ini, tak akan berhenti dalam waktu dekat. Otomatisasi juga bagian besar dari pertumbuhannya.

Lebih lanjut ...

Speaker Pintar Murah Berteknologi AI Buatan Alibaba

Jika mendengar kata speaker pintar sekarang ini otak kita mungkin akan langsung mengarah ke Amazon Echo atau Google Home yang terlebih dulu eksis dipasaran. Perusahaan Cina Alibaba Group Holding Ltd tidak mau ketinggalan dengan membuat speaker pintar perdana bertema artificial intelligence (AI). Artinya speaker tersebut memiliki kecerdasan buatan diantaranya dapat mengenali suara sebagai perintah utamanya seperti halnya Amazon Echo.

Lebih lanjut ...

Robot Pemotong Sayur Buatan Siswa SD Surabaya Sabet Medali Perak

Siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya yang tergabung dalam tim ekstrakurikuler robotika berhasil menciptakan robot pemotong sayur.

Lebih lanjut ...

All for Joomla All for Webmasters