•   
  •   
  •   
  •   

Kehadiran Robot di Kehidupan Manusia Sebuah Keniscayaan?

fShare
0

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah analis telah memprediksi bahwa lambat laun robot akan berperan besar dalam kehidupan manusia. Bahkan, sejumlah pekerjaan manusia diperkirakan bakal terancam dengan kehadiran robot berbasis kecerdasan buatan. Meski terdengar sebagai kisah sains fiksi, sejumlah ilmuwan dan peneliti menyebut masa kedatangan robot di kehidupan manusia tak dapat dibendung dan akan benar-benar terjadi. 

 

Pembahasan ini dilakukan oleh peserta di ajang G-Summit Conference yang berlangsung di Pebble Beach, California, Amerika Serikat. Adapun gelaran ini diselenggarakan oleh perkumpulan sejumlah perusahaan teknologi, GWC. Menurut para peneliti, faktor pendukung perkembangan robot lebih cepat adalah smartphone. Seperti diketahui, smartphone merupakan perangkat yang berasal dari kombinasi teknologi berbeda dengan masa pengembangan terpisah.

Pada dasarnya, teknologi yang dikembangkan semakin baik dan berada dalam tahap dewasa, memungkinkan manusia untuk menggabungkannya. Hal itu yang berlaku pada smartphone menjelang kehadirannya.Sementara, robot memiliki prinisip yang tak jauh berbeda. Robot itu sebenarnya dibuat dari sejumlah teknologi kompleks, seperti speech recognition, visual computing, dan mechanical engineering.

Dengan kesamaan itu, menurut CEO Grishin Robotics Dmitry Grishin, teknologi robotik tentu akan sampai pada tahap teknologi yang lebih baik. Dikutip dari Business Insider, Rabu (29/8/2017), keadaan itu memungkinkan manusia membuat robot berkemampuan mumpuni.Sayangnya, ia tak mengungkap kapan robot akan benar-benar hadir di kehidupan manusia, layaknya smartphone saat ini. Namun sebagai perbandingan, untuk dapat menjadi smartphone saat ini setidaknya membutuhkan waktu sekitar 100 tahun. 

Perkembangan robot di masa depan

Sekadar informasi, di masa depan sejumlah analis memprediksi kemampuan robot dapat menyamai manusia. Berdasarkan studi terbaru dari Universitas Oxford dan Yale, robot dengan basis kecerdasan buatan kelak akan melakukan apa yang dilakukan manusia. Menurut studi tersebut, hanya dibutuhkan waktu sekitar 50 tahun bagi robot agar dapat melakukan kegiatan manusia. Studi tersebut diambil berdasarkan survei terhadap 352 ilmuwan kecerdasan buatan.

Mereka dimintai pendapat terkait kapan robot bisa melakukan pekerjaan manusia secara sepenuhnya. Salah seorang ilmuwan kecerdasan buatan Katja Grace mengatakan, tugas paling mudah yang setidaknya bisa dilakukan robot pada waktu 10 tahun ke depan adalah tugas mekanis.  Pada 2024, Grace memprediksi robot akan bisa menguasai kemampuan menerjemahkan bahasa asing. Bukan tidak mungkin, dua tahun setelahnya, robot bisa menulis esai Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam topik berskala luas.

Lalu 10 tahun setelahnya sampai 2036, robot-robot akan bisa menguasai tugas manusia, seperti membaca teks, menyetir truk hingga mengikuti olimpiade maraton 5 kilometer. Sementara, tugas-tugas kreatif yang kompleks seperti menulis buku dan melakukan tugas matematika yang sulit setidaknya membutuhkan waktu lebih lama.

Diambil dari : http://tekno.liputan6.com/read/3074192/kehadiran-robot-di-kehidupan-manusia-sebuah-keniscayaan

fShare
0

  

Umur Panjang Milik Wanita yang Selalu Optimis

Ada cara mudah untuk memastikan hidup lebih lama atau umur panjang, khususnya untuk para perempuan.

Lebih lanjut ...

8 Cara Sederhana Mencegah Munculnya Keriput di Wajah

Garis halus dan keriput di wajah bisa muncul seiring bertambahnya usia. Meski ini merupakan bagian alami dari proses penuaan, tak dapat dipungkiri bahwa keriput bisa sangat mengganggu penampilan.

Lebih lanjut ...

Bahan Makanan Yang Mampu Maksimalkan Kesehatan

Kesehatan kita bergantung pada banyak faktor, terutama kondisi fisik dan emosi. Kedua faktor tersebut juga sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita santap, aktivitas, hubungan yang kita jalani, dan lingkungan sekitar.

Lebih lanjut ...

Menjadi Luar Biasa dengan Berpikir Besar

 

Yang paling besar adalah lautan. Yang paling luas adalah angkasa. Dan yang paling jauh adalah pikiran kita – Bentek Hijani.

Lebih lanjut ...

Jalan Pagi ke 3 Negara

Biasanya kebanyakan orang pergi ke luar negeri hanya sekedar untuk jalan-jalan. Namun beda ceritanya, kalau ke luar negerinya sekaligus untuk jalan pagi. Apalagi dalam 5 hari, bisa langsung jalan pagi ke 3 negara? Bayangkan, luar biasa bukan?

Lebih lanjut ...

Apakah Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Berenang?

Sudah mengurangi porsi makan tapi tak kunjung kurus? Mungkin Anda masih kurang olahraga. Olahraga dapat membantu membakar kalori tubuh, dengan begitu kalori yang keluar akan lebih banyak dibandingkan kalori yang masuk sehingga penurunan berat badan akan tercapai. Kebanyakan orang suka malas berolahraga karena tidak mau capek, takut kepanasan, malas gerak, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut ...

Sehat ala Dr Raymond Francis

Dr Raymond Francis menulis 3 buku :

  1. Tdk pernah sakit lagi
  2. Tdk pernah lagi takut kanker
  3. Tdk pernah gendut lagi

Lebih lanjut ...

Mengenal Si Pembohong Patologis dan Si Pembohong Kompulsif

Semua orang pasti pernah berbohong sepanjang hidupnya, kerena pada dasarnya berbohong adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut ...

Bersikap Baik

Suatu malam di suatu kota kecil di Philadelphia, USA, sepasang suami-istri sepuh dg pakaian sederhana masuk ke sebuah hotel kecil. Mereka bertanya kepada resepsionis di situ.

Lebih lanjut ...

Ada Orang yang Alergi Makanan Manis, Apa Sebabnya?

Gula tidak hanya ada dalam secangkir teh atau kopi. Gula juga ditemukan dalam berbagai makanan sehari-hari Anda, termasuk di dalam buah. Tubuh memerlukan asupan gula untuk menghasilkan energi.

Lebih lanjut ...

Robot Dan Kendali Dengan Sistem Cloud

Dengan zaman yang semakin maju, teknologi semakin canggih, itulah yang terjadi saat ini. Perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat dalam hitungan bulan beberapa generasi teknologi baru pun mucnul dengan peningkatan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya, saat ini saya akan membahas mengenai perkembangan robotika.

Lebih lanjut ...

Pelajar Sidoarjo Bikin Robot Transportasi Tanpa Polusi

Sidoarjo - Pelajar SMA Muhammadiyah II Sidoarjo berhasil menciptakan robot transportasi tanpa mengeluarkan polusi. Robot ini juga meraih juara satu tingkat nasional yang diadakan di Universitas Indonesia.

Lebih lanjut ...

Robot Method-2 Ini Menjadi Bukti Robot dalam film atau game seperti Gundam, Avatar dan Pacific Rim Menjadi Nyata!

 

Anda suka bermain game Mechwarrior? Atau lagi asik main game Titanfall? Game-game tersebut mengambil konsep pertempuran menggunakan robot-robot raksasa yang bisa dikendarai oleh manusia.

Lebih lanjut ...

5 Gelar Sarjana Ini Akan Punah di Masa Depan

Teknologi bak pisau bermata dua. Pada masa depan, robot akan menggantikan fungsi manusia. Revolusi teknologi yang sedang dihadapi saat ini, tak akan berhenti dalam waktu dekat. Otomatisasi juga bagian besar dari pertumbuhannya.

Lebih lanjut ...

Digantikan Robot, 6 Profesi ini Semakin Punah

Teknologi yang makin maju membuat pekerjaan manusia kini menjadi semakin mudah. Beberapa penemuan baru di bidang teknologi pun ada yang membuat robot untuk mengerjakan pekerjaan yang tadinya dikerjakan oleh manusia.

Lebih lanjut ...

Pertama di Dunia, Arab Saudi Beri Kewarganegaraan Pada Robot

yadh - Arab Saudi menjadi negara pertama di dunia yang memberikan kewarganegaraan pada robot. Robot tersebut bernama Sophia.

Lebih lanjut ...

Dampak Negative Dengan Adanya robot terhadap pengangguran

Beberapa analis, seperti Martin Ford, penulis The Lights di Tunnel: Otomasi, Teknologi Mempercepat dan Ekonomi Masa Depan, berpendapat bahwa robot dan bentuk lain dari otomatisasi pada akhirnya akan menghasilkan signifikan pengangguran ekonomi kecuali direkayasa untuk menyerap mereka tanpa menggusur manusia, sebagai mesin mulai mencocokkan dan melebihi kemampuan pekerja untuk melakukan sebagian besar pekerjaan.

Lebih lanjut ...

Robot Koki Ini Bisa Masak dan Cuci Peralatan

Jika Anda mungkin tidak memiliki waktu untuk memasak karena sibuknya aktivitas, robot yang dibuat oleh salah satu perusahaan berbasis di Inggris, Moley Robotics bisa jadi solusi. Robot Moley Robotics Kitchen, merupakan robot yang bisa memasak apa pun sesuai keinginan dan mampu langsung mencuci peralatan masak.

Lebih lanjut ...

Di Jepang, Fungsi Kasir Mulai Digantikan Robot

Jepang menguji coba robot kasir yang dirancang untuk menghitung total belanjaan, mengurus pembayaran, hingga membungkus barang-barang dengan plastik.

Lebih lanjut ...

Angpao pun Dikirim dengan WeChat

Tiba di Tianjin pekan lalu saya tersenyum: jumlah sepeda yang bisa disewa bertambah dua kali lipat. Begitu pesat perkembangan enam bulan terakhir.

Lebih lanjut ...

All for Joomla All for Webmasters