•   
  •   
  •   
  •   

Kehadiran Robot di Kehidupan Manusia Sebuah Keniscayaan?

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah analis telah memprediksi bahwa lambat laun robot akan berperan besar dalam kehidupan manusia. Bahkan, sejumlah pekerjaan manusia diperkirakan bakal terancam dengan kehadiran robot berbasis kecerdasan buatan. Meski terdengar sebagai kisah sains fiksi, sejumlah ilmuwan dan peneliti menyebut masa kedatangan robot di kehidupan manusia tak dapat dibendung dan akan benar-benar terjadi. 

Baca lebih lanjut ...

  

Orang Terkaya China Bodoh Matematika

Jakarta - Pendiri sekaligus CEO Alibaba Jack Ma adalah sosok kontroversial. Sebagian mungkin membencinya, namun bagi sebagian lainnya, dia dianggap trendsetter, pahlawan internet dan panutan. 

Lebih lanjut ...

Saat Steve Jobs terbaring di RS...

Kata2 terakhir Steve Jobs sebelum meninggal (Sumber : Forbes)

Dalam dunia bisnis, aku adalah simbol dari kesuksesan, seakan-akan harta dan diriku tidak terpisahkan, karena selain kerja, hobiku tak banyak.

Lebih lanjut ...

Terlalu Banyak Makan Daging Olahan Tingkatkan Risiko Anda Kena Kanker Usus Besar

Penelitian terbaru menemukan bahwa daging olahan atau kemasan ternyata berpotensi menyebabkan kanker usus besar. Diperkirakan lebih dari 34 ribu orang meninggal dunia setiap tahunnya karena kanker akibat mengonsumsi daging olahan dalam porsi tinggi.

Lebih lanjut ...

Sering Cuci Muka, Mengusir Atau Justru Bikin Jerawatan? Ini Faktanya!

Salah satu kunci untuk memiliki kulit yang bebas dari jerawat adalah dengan menjaga kebersihan muka. Karena itu selama ini Anda mungkin menjaga kebersihan dengan sering-sering cuci muka.

Lebih lanjut ...

Hidup dan Mencari Nafkah

Pada tahun 1923, sembilan orang terkaya di dunia bertemu di Chicago's Edge Water Beach Hotel*.

Lebih lanjut ...

Pertolongan Pertama Saat Kaki Keseleo Atau Terkilir

Terkilir adalah jenis cedera ligamen yang diakibatkan oleh robeknya serat-serat ligamen. Ligamen sendiri merupakan pita kuat dan elastis yang menghubungkan tulang dengan tulang, sekaligus menahan persendian agar tetap di tempatnya.

Lebih lanjut ...

Hati-hati, Sembarangan Pakai Obat Tetes Mata Bisa Sebabkan Kebutaan

Banyak orang yang langsung meneteskan obat mata yang dijual bebas di apotek untuk mengobati mata merahnya, tanpa berkonsultasi dulu ke dokter. Mungkin Anda juga termasuk salah satunya. Padahal, pemakaian obat mata tidak boleh sembarangan. Pemakaian obat tetes mata yang sembarangan dapat meningkatkan risiko glaukoma. Risiko ini terutama tinggi untuk obat tetes mata steroid. Tidak percaya? Ketahui ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Sembarangan pakai obat tetes mata steroid meningkatkan risiko glaukoma

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan. Umumnya glaukoma disebabkan karena tingginya tekanan dalam bola mata.

Obat mata steroid yang digunakan setiap hari dan dalam jangka waktu panjang akan meningkatkan penumpukkan glikosaminoglikan, yaitu komponen struktural utama dari tulang rawan yang ditemukan dalam kornea. Penumpukan glikosaminoglikan ini akan menyumbat aliran cairan di dalam mata.

Selain itu, obat mata steroid juga akan meningkatkan produksi protein di trabecular meshwork (saluran-saluran di mata) yang kemudian dapat menyumbat aliran cairan di dalam mata. Karena aliran cairan di dalam mata terbendung akibat terjadinya penyumbatan, hal tersebut membuat tekanan di bola mata meningkat.

Peningkatkan tekanan di bola mata ini akan menyebabkan kerusakan saraf optik yang menghubungkan penglihatan dengan otak. Akhirnya, lama kelamaan luas pandangan pun akan menyempit sehinga menyebabkan glukoma. Jika kondisi ini dibiarkan terlalu lama, bahkan dapat berujung pada kebutaan.

Selain glaukoma, penggunaan obat tetes mata dalam jangka panjang  yang mengandung steroid juga bisa menyebabkan lensa menjadi keruh atau dalam bahasa medisnya disebut dengan katarak.

Pentingnya membaca informasi kandungan dalam kemasan obat tetes

Pemakaian obat tetes mata steroid harusnya ditebus dengan resep dokter. Tapi, pada kenyataannya obat mata jenis ini banyak dijual bebas di di apotek maupun toko obat. Untuk mengetahui apakah obat tetes mata yang Anda gunakan mengandung steroid atau tidak, Anda bisa membaca kandungan obat yang tertera pada kemasan. Biasanya, jenis steroid dapat ditemukan dalam kandungan: dexamethasone, fluorometholone, dan prednisolone.

Pada dasarnya obat tetes mata yang boleh digunakan hanya obat dengan kandungan ringan, seperti artificial tears atau air mata alami. Jika Anda mengeluhkan kondisi mata merah disertai dengan rasa sakit, nyeri, dan berair, sebaiknya periksa ke dokter mata untuk mendapat penanganan yang lebih tepat.

Menggunakan obat tetes mata yang banyak di jual di pasaran memang bisa menjadi solusi yang mudah. Tapi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, misalnya, ketika obat tetes mata yang digunakan tidak memberikan efek melegakan. Atau, kondisi mata Anda justru jadi memburuk ataupun timbul gangguan lain pada mata. Apabila sudah begini, segera hentikan penggunaan obat tetes mata tersebut dan kunjungi dokter spesialis mata. Informasikan produk obat tetes mata yang digunakan kepada dokter.

Ingat, mata merupakan organ penting yang harus dijaga kesehatannya juga kebersihannya. Gunakan obat tetes mata seperlunya. Misalnya jika terjadi gangguan ringan. Segera konsultasi ke dokter spesialis mata jika kondisi Anda tidak segera membaik atau timbul gejala lain.

Diambil dari https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/bahaya-obat-tetes-mata-steroid/

Lebih lanjut ...

Obat Ini Bisa Bantu Mencegah Mata Minus Semakin Parah, Tapi Apa Aman?

Selama ini mata minus ditangani dengan anjuran penggunaan kacamata atau lensa kontak. Namun dua alat bantu ini hanya membantu Anda untuk bisa melihat lebih jelas, tidak membuat minus berkurang.

Lebih lanjut ...

Daftar Makanan Sumber Energi Tinggi yang Tidak Bikin Gemuk

Banyak dari tren diet populer yang menyengajakan penggiatnya untuk melaparkan diri dengan sangat membatasi atau malah menghentikan asupan beberapa nutrisi penting. Padahal, cara ini belum tentu sehat untuk tubuh.

Lebih lanjut ...

8 Cara Sederhana Mencegah Munculnya Keriput di Wajah

Garis halus dan keriput di wajah bisa muncul seiring bertambahnya usia. Meski ini merupakan bagian alami dari proses penuaan, tak dapat dipungkiri bahwa keriput bisa sangat mengganggu penampilan.

Lebih lanjut ...

Petani Kreatif Tak Lulus SD Tapi Mampu Ciptakan 60 Robot Sendiri

Selama 30 tahun terakhir, seorang petani dari Beijing sibuk membangun sendiri keluarga robotnya. Meski tidak menyelesaikan sekolah dasarnya, Wu secara autodidak berhasil membuat 60 robot yang dapat dioperasionalkan.

Lebih lanjut ...

Pelajar Sidoarjo Bikin Robot Transportasi Tanpa Polusi

Sidoarjo - Pelajar SMA Muhammadiyah II Sidoarjo berhasil menciptakan robot transportasi tanpa mengeluarkan polusi. Robot ini juga meraih juara satu tingkat nasional yang diadakan di Universitas Indonesia.

Lebih lanjut ...

Kenalkan Tao Cafe, Supermarket Tanpa Kasir Besutan Alibaba

Alibaba kembali menunjukkan gebrakannya. Raksasa e-commerce asal China ini baru saja meresmikan Tao Cafe, sebuah supermarket serba otomatis dan tanpa kasir.

Lebih lanjut ...

Kata Jokowi: Jangan gagap pada Ekonomi Digital

Demo taksi konvensional terhadap kehadiran taksi berbasis aplikasi telah menyadarkan Indonesia tentang kehadiran ekonomi digital tidak lagi bisa dibendung. Jokowi sebagai presiden yang visioner dan mendukung ekonomi kreatif mengingatkan supaya para pejabat dan para pelaku bisnis tidak gagap dalam menghadapi ekonomi digital. 

Lebih lanjut ...

Rumah RV, Rumah Robot Masa Depan

Banyak sekali kisah fiktif yang menceritakan gambaran kehidupan masa depan, robot selalu dikaitkan dengan apa yang ada pada masa depan.

Lebih lanjut ...

Robot Ini Mampu Memasak Makanan Lezat Tak Kalah dengan Koki Profesional Loh, Mau Nyoba?

Sebuah robot saat ini bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Bahkan, kegiatan memasak pun dapat pula digantikan oleh robot.

Lebih lanjut ...

Generasi Muda Harus Punya Pola Pikir Digital

Jakarta - Generasi muda Indonesia harus memiliki pola pikir digital. Yakni pola pikir untuk dapat mengakses dan memanfaatkan informasi yang tersedia dari seluruh dunia sehingga dapat memberikan nilai, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

Lebih lanjut ...

5 Gelar Sarjana Ini Akan Punah di Masa Depan

Teknologi bak pisau bermata dua. Pada masa depan, robot akan menggantikan fungsi manusia. Revolusi teknologi yang sedang dihadapi saat ini, tak akan berhenti dalam waktu dekat. Otomatisasi juga bagian besar dari pertumbuhannya.

Lebih lanjut ...

Pengemasan di Industri Makanan dan Minuman Diambil Alih Robot

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri makanan dan minuman mulai merambah pada teknologi yang makin canggih. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan otomatisasi industri dengan menggunakan robot untuk pengemasan

Lebih lanjut ...

Seram, Dua Robot Facebook Ciptakan Bahasa Sendiri

Jakarta - Peneliti di Facebook Artificial Intelligence Research membangun dua buah chatbot dengan kecerdasan buatan dengan tujuan untuk meniru proses negosiasi manusia. Namun robot itu terpaksa mereka matikan, kenapa?

Lebih lanjut ...

All for Joomla All for Webmasters