•   
  •   
  •   
  •   
For up to £250 Bonus for sports, use our exclusive bet365 Bonus www.abonuscode.co.uk Claim your bonus and start betting at bet365 now.

Mengenal Aneurisma Aorta, Penyakit “Bom Waktu” yang Diderita Alm. Bondan Winarno

fShare
0

Banyak orang terkejut saat tokoh kuliner Indonesia Bondan Winarno dikabarkan meninggal dunia baru-baru ini. Pasalnya, meski sudah tak muda lagi, beliau masih terlihat sehat dan bugar.

Melalui beberapa media kemudian terkuak bahwa sebenarnya sejak 2015 beliau didiagnosis mengidap aneurisma aorta, yang oleh dokternya disebut sebagai “bom waktu yang setiap saat bisa pecah dan mematikan.”

Apa itu aneurisma aorta? Siapa saja yang berisiko mengalaminya? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu aneurisma aorta?

Aneurisma adalah penggelembungan di dinding arteri (pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke bagian tubuh lain). Aneurisma yang membesar bisa meledak dan menyebabkan perdarahan, bahkan kematian.

Sebagian besar aneurisma terjadi di aorta, yaitu arteri utama yang jalurnya dari jantung hingga ke dada dan perut.

Ada dua jenis aneurisma aorta:

  • Aneurisma aorta torakalis: terjadi di bagian aorta yang berada du dada
  • Aneurisma aorta abdominalis: terjadi di bagian aorta yang berada di perut

Apa gejala aneurisma aorta?

Aneurisma biasanya tidak menimbulkan gejala yang nyata. Inilah kenapa kondisi ini sangat fatal karena penderita baru menyadari setelah penggelembungan di pembuluh darah sudah sangat besar atau telanjur pecah, dan seringnya sudah terlambat untuk diselamatkan. Biasanya, aneurisma baru ditemukan saat pasien dengan sengaja menjalankan tes kesehatan atau medical check up.

Namun, saat aneurisma sudah membesar biasanya ada beberapa gejala yang bisa dirasakan:

  • Nyeri dada
  • Nyeri punggung
  • Perasaan aneh atau tak nyaman di bagian dada atas
  • Denyut yang kuat di area perut
  • Merasa kenyang setelah makan hanya sedikit
  • Mual atau muntah
  • Kepala “keliyengan”
  • Lemas
  • Napas pendek
  • Denyut jantung cepat
  • Mati rasa, kesemutan, atau sensasi dingin pada tangan atau kaki
  • Pingsan

Saat ada penggelembungan pada pembuluh darah, biasanya akan terbentuk gumpalan darah. Jika gumpalan darah ini terpecah dan mengalir ke bagian tubuh lain, ia bisa menghalangi aliran darah ke organ penting seperti paru-paru, hati, ginjal, dan membuatnya berhenti berfungsi.

Apa penyebab aneurisma aorta?

Aneurisma aorta muncul akibat ada kelemahan pada dinding aorta. Kelemahan ini bisa terjadi karena bawaan lahir, atau bisa juga terjadi saat dewasa karena beberapa kondisi berikut ini:

Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah kondisi saat arteri rusak atau tersumbat. Pada kondisi ini, plak yang berasal dari kolesterol menempel di dinding pembuluh darah dan membuatnya jadi lemah. Selain jadi penyebab utama aneurisma aorta, aterosklerosis juga sering kali menyebabkan penyakit jantung dan serangan jantung.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang tinggi memberi tekanan pada dindin aorta. Jika dibiarkan selama bertahun-tahun, tekanan ini bisa memicu penggelembungan dinding pembuluh darah.

Diabetes

Diabetes yang tidak dikontrol dapat membuat kondisi aterosklerosis muncul lebih awal dan lebih parah, sehingga merusak pembuluh darah dan membuatnya jadi lemah, mudah diserang gangguan lain.

Nekrosis medial kistik

Pada kondisi ini, lapisan medial pada pembuluh darah memburuk, dan ada lapisan abnormal yang melemahkan struktur pendukung dinding pembuluh darah. Ini biasanya terjadi pada beberapa penyakit keturunan seperti sindrom Marfan dan sindrom Ehlers-Danlos. Terkadang juga muncul akibat penyakit katup jantung, atau saat hamil.

Aneurisma mikotik

Terjadi saat ada bakteri yang masuk ke sistem pembuluh darah dan menyerang dinding pembuluh darah. Biasanya bakteri akan masuk melalui area yang sempat terluka atau yang lemah sejak lahir. Meski kini sudah mulai langka, di awal abad 20 salah satu penyebab utama kondisi ini adalah penyakit kelamin sipilis yang sudah parah.

Aneurisma inflamasi

Kondisi inflamasi atau vaskulitis seperti psoriasis atau rheumatoid arthritis bisa memicu peradangan di dinding pembuluh darah. Jika tidak ditangani, ini akan membuat dinding aorta menjadi lemah.

Cedera

Cedera yang memengaruhi bagian dada atau perut, misalnya saat kecelakaan kendaraan atau terjatuh dengan keras, dapat merusak bagian dari aorta, membuatnya lebih lemah dan lebih mudah mengalami penggelembungan.

Siapa saja yang berisiko mengalami aneurisma aorta?

Pada sebagian besar kasus, penyebab aneurisma aorta tidak diketahui. Namun, ada beberapa kelompok orang yang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi ini, yaitu:

  • Berusia 55 tahun atau lebih tua
  • Jenis kelamin pria
  • Mengidap hipertensi alias tekanan darah tinggi
  • Merokok
  • Memiliki penyakit bawaan yang melemahkan pembuluh darah, misalnya sindrom Marfan
  • Ada riwayat aneurisma aorta di keluarga
  • Mengalami aterosklerosis

Aneurisma aorta abdominalis 5 kali lebih umum terjadi pada pria dibandingkan wanita. Aneurisma itu sendiri terjadi pada 3-9 pria dari 100, yang usianya di atas 50 tahun.

Bisakah kita mencegah aneurisma aorta?

  • Tidak ada obat yang bisa mencegah aneurisma aorta. Namun, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga pembuluh darah tetap sehat dan kuat.
  • Konsumsi makanan rendah lemak dan rendah kolesterol
  • Tingkatkan aktivitas tubuh: olahraga atau bergeraklah untuk meningkatkan detak jantung Anda, setidaknya 30 menit sehari
  • Jangan merokok
  • Jaga tekanan darah tetap normal

Apakah aneurisma aorta akan selalu berakhir dengan kematian?

Jika didiagnosis dengan segera dan dilakukan operasi untuk mengatasinya, banyak orang bisa sembuh seperti sedia kala. Namun, karena kondisi ini biasanya terjadi pada orang usia lanjut, proses penyembuhan bisa jadi sulit dan butuh waktu lama.

Jika aneurisma aorta tidak segera ditangani oleh dokter, ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi, dan efeknya bisa fatal:

Penggumpalan darah: Penggumpalan ini bisa menyumbat aliran darah ke bagian tubuh atau organ tertentu, yang menyebabkan organ tersebut berhenti berfungsi.

Perdarahan internal: Jika aneurisma pecah, akan terjadi perdarahan internal di dalam tubuh. Saat ini terjadi, penderita harus segera dibawa ke rumah sakit karena bisa merenggut nyawa jika tidak ditangani.

Circulatory shock: Jika perdarahan terjadi cukup parah, tekanan darah akan turun drastis dan organ tubuh tidak akan menerima cukup darah sehingga tak bisa berfungsi dengan normal. Kondisi ini disebut “shock” dan bisa mengancam nyawa.  

fShare
0

  

Berapa Lama Makanan Dicerna di Dalam Tubuh?

Mungkin Anda hanya menghabiskan waktu sekitar 10-30 menit untuk menyantap makanan Anda setiap harinya. Namun, tahukah Anda berapa lama makanan dicerna dan berada di dalam perut Anda?

Lebih lanjut ...

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Harian untuk Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun)

Ketika si kecil mulai masuk TK atau sekolah, pada umumnya makanan anak sudah bisa disamakan dengan orang dewasa. Asupan makanan rutin sangat mereka butuhkan agar tetap aktif sepanjang hari saat belajar dan bermain.

Lebih lanjut ...

Bagaimana Pola Asuh Orangtua Memengaruhi Perkembangan dan Kepribadian Anak?

Setiap orangtua punya gaya mengasuh yang berbeda-beda. Nah, beda pola asuh orangtua tentu dampaknya pada perkembangan dan pembentukan watak anak juga berbeda. Namun, sebenarnya seperti apa pengaruh pola asuh orangtua bagi anak?

Lebih lanjut ...

Awas, Makan Singkong Mentah Bisa Sebabkan Keracunan Sianida

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan singkong. Bahkan, di beberapa daerah di Indonesia, singkong dijadikan sebagai makanan pokok. Namun, tahukah Anda jika terlalu banyak makan singkong akan meningkatkan risiko keracunan sianida? 

Lebih lanjut ...

5 Tahap yang Harus Dilalui Kalau Mau Sukses Mengusir Kebiasaan Buruk

Sebuah kebiasaan buruk yang dipelihara dan dibiarkan berlama-lama, bisa menjadi bumerang dalam hidup Anda.

Lebih lanjut ...

Saat Steve Jobs terbaring di RS...

Kata2 terakhir Steve Jobs sebelum meninggal (Sumber : Forbes)

Dalam dunia bisnis, aku adalah simbol dari kesuksesan, seakan-akan harta dan diriku tidak terpisahkan, karena selain kerja, hobiku tak banyak.

Lebih lanjut ...

Nasi Jagung Ternyata Lebih Sehat dari Nasi Putih, Tertarik Mencoba?

Nasi jagung merupakan salah satu makanan pokok penduduk Indonesia di wilayah tertentu, seperti di Nusa Tenggara Timur dan Jawa Timur, atau di wilayah lainnya yang banyak menghasilkan jagung, bukan beras. Nasi jagung bukan merupakan campuran antara nasi dan jagung. Tapi, merupakan olahan jagung dengan bentuk menyerupai nasi. Jadi, saat Anda makan nasi jagung, yang sebenarnya Anda makan adalah jagung.

Lebih lanjut ...

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Anda sedang berada di suatu tempat yang asing ketika tiba-tiba muncul orang-orang yang Anda kenal. Seketika Anda merasa ada yang janggal dari suasana saat itu.

Lebih lanjut ...

Ada Orang yang Alergi Makanan Manis, Apa Sebabnya?

Gula tidak hanya ada dalam secangkir teh atau kopi. Gula juga ditemukan dalam berbagai makanan sehari-hari Anda, termasuk di dalam buah. Tubuh memerlukan asupan gula untuk menghasilkan energi.

Lebih lanjut ...

Apakah Anda Jago Olahraga? Coba Cek dari Panjang Jari Tangan Anda!

Siapa sangka, panjang jari tangan Anda rupanya bisa memprediksi seberapa hebat kemampuan Anda dalam bidang olahraga. Hal ini telah terbukti dalam penelitian ilmiah, lho.

Lebih lanjut ...

Jutaan Pemetik Teh Terancam Digantikan Robot

Jakarta - Di masa depan, banyak pekerjaan diprediksi bakal digantikan robot. Termasuk jutaan pekerja di industri teh terancam oleh teknologi canggih itu.

Lebih lanjut ...

Rinna, Sahabatku Seorang Robot

Jakarta - Jika pernah menonton film 'Her' (2013), maka Anda bisa membayangkan bagaimana interaksi manusia dengan komputer pribadinya di masa depan. 

Lebih lanjut ...

Robot Method-2 Ini Menjadi Bukti Robot dalam film atau game seperti Gundam, Avatar dan Pacific Rim Menjadi Nyata!

 

Anda suka bermain game Mechwarrior? Atau lagi asik main game Titanfall? Game-game tersebut mengambil konsep pertempuran menggunakan robot-robot raksasa yang bisa dikendarai oleh manusia.

Lebih lanjut ...

Robot Gantikan Pekerjaan Manusia pada 2020

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah penelitian dari The World Economic Forum (WEF) menyebutkan sekitar 5 juta pekerjaan dari segala profesi akan digantikan oleh robot pada 2020 mendatang.

Lebih lanjut ...

Robot Bakal Gantikan Peran Dokter dan Perawat

Di Amerika Serikat, robot bisa memberikan perawatan inap di rumah sakit. Robot ini nantinya tak hanya menggantikan dokter & perawat saja. 

Lebih lanjut ...

Robot-Robot Pengganti Manusia

Perkembangan dunia robotika begitu cepat. Semakin banyak robot tercipta dengan kemampuan mirip manusia. Mereka bisa melakukan aktivitas masak memasak, bermain musik, membantu kegiatan rumah sakit, dan lainnya.

Lebih lanjut ...

Kehadiran Robot di Kehidupan Manusia Sebuah Keniscayaan?

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah analis telah memprediksi bahwa lambat laun robot akan berperan besar dalam kehidupan manusia. Bahkan, sejumlah pekerjaan manusia diperkirakan bakal terancam dengan kehadiran robot berbasis kecerdasan buatan. Meski terdengar sebagai kisah sains fiksi, sejumlah ilmuwan dan peneliti menyebut masa kedatangan robot di kehidupan manusia tak dapat dibendung dan akan benar-benar terjadi. 

Lebih lanjut ...

Tangan Robot Ini Dikendalikan Langsung Dari Otak, Berguna Untuk Bantu Pasien Stroke

Sebuah tim ilmuwan dari Washington University School of Medicine di St. Louis membuktikan ilmu robotika ternyata sangat berguna untuk kesehatan dan membantu penyembuhan pasien. Utamanya pasien stroke yang sedang mengalami kelumpuhan di tangannya. Tim ini membuat alat dengan nama Ipsihand, dan diklaim dapat membantu rehabilitasi stroke berjalan lebih cepat.

Lebih lanjut ...

Siswa SMA Sidoarjo Sukses Bikin Kursi Roda Android

Tiga siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Jawa Timur, berhasil menciptakan kursi roda multifungsi berbasis Android. Kursi roda multifungsi ini diberi nama Android System and Orientation Sense Transportation (Ansont). Fungsi Ansont memudahkan segala pekerjaan mengangkut dan memindahkan barang serta orang.

Lebih lanjut ...

Honda Ciptakan Saudara Asimo, Robot Penanggulangan Bencana

Metrotvnews.com: E2-DR menjadi saudara dari Asimo, robot buatan Honda. Robot E2-DR didesain bukan menjadi robot cerdas, melainkan menjadi bala bantuan pada saat terjadi bencana.

Lebih lanjut ...