•   
  •   
  •   
  •   
For up to £250 Bonus for sports, use our exclusive bet365 Bonus www.abonuscode.co.uk Claim your bonus and start betting at bet365 now.

Benarkah Minuman Isotonik Bisa Menjaga Tubuh Tetap Bugar?

fShare
0

Saat berolahraga, tubuh Anda mengeluarkan banyak cairan. Hal ini, tentu membuat tubuh Anda menjadi lemas dan lelah setelahnya. Mengonsumsi air dapat mengganti cairan tubuh Anda yang hilang.

Selain itu, perlu minuman yang dapat menggantikan cairan tubuh dan membuat Anda tetap bugar, contohnya minuman isotonik. Namun, benarkah minum isotonik dapat menjaga tubuh tetap bugar? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Apa yang terjadi pada tubuh saat beraktivitas?

Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan banyak cairan elektrolit, seperti natrium, kalium, fosfat, kalsium, magnesium, dan klorin. Selain itu, tubuh juga menggunakan energi yang berasal dari glikogen glukosa ketika berolahraga. Inilah sebabnya setelah berolahraga Anda akan merasa haus dan lelah.

Benarkah minuman isotonik dapat menjaga kebugaran tubuh?

Dilansir dari Live Strong, studi dari Belanda dalam International Journal of Sports Medicine membandingkan efek minuman ringan berkafein, air mineral dengan natrium rendah dan larutan elektrolit karbohidrat dalam minuman isotonik pada pengendara sepeda elit. Hasilnya, minuman isotonik lebih banyak menggantikan kebutuhan natrium, magnesium, dan kalsium di tubuh pengendara sepeda. Sederhananya, minuman isotonik mampu mengembalikan kebugaran pengendara sepeda tersebut setelah melakukan olahraga.

Selain itu, periset di University of Edinburgh mengukur efek minuman isotonik pada atlet muda saat berolahraga yang mengonsumsi minuman sebelum dan selama pertandingan berlangsung. Hasilnya, yang diterbitkan dalam European Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa asupan cairan dari minuman isotonik memungkinkan atlet untuk melanjutkan aktivitas stop-start intensitas tinggi hingga 24 persen lebih lama daripada mereka yang minum larutan tanpa elektrolit.

Minuman isotonik lebih dari sekadar air karena mengandung sekitar 280 sampai 330 osmolalitas, yaitu jumlah partikel yang terlarut antara karbohidrat, elektrolit, dan pemanis. Rata-rata kandungan osmolalitas tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keseimbangan cairan tubuh.

Kandungan isotonik dan perannya dalam tubuh

Elektrolit

Elektrolit berfungsi untuk menjaga dan mengatur jumlah air dalam tubuh serta membantu komunikasi antar sel, misalnya pada otak, sistem saraf, dan otot. Bila tubuh kekurangan cairan elektrolit maka akan menyebabkan dehidrasi atau kerusakan sel. Karena fungsinya tersebut, banyak atlet dan pelari yang mengonsumsi minuman isotonik setelah mereka melakukan olahraga.

Karbohidrat

Berolahraga tentu menghabiskan banyak energi yang asalnya dari karbohidrat glikogen. Saat melakukan latihan keras, 90 gram glikogen yang tersimpan pada organ hati akan habis dalam beberapa menit. Kemudian, glikogen yang terdapat pada otot sebanyak 400 gram akan terpakai untuk berolahraga selama 2 jam atau lebih.

Untuk mengembalikan glikogen tersebut, tubuh memerlukan waktu sekitar 24 jam. Namun dengan minuman isotonik, glikogen akan lebih cepat seimbang.

Cairan

Kelihatannya memang logis bila mengkonsumsi air saat Anda berkeringat akibat olahraga, tapi air saja justru bisa menyebabkan kembung karena tidak mengandung karbohidrat dan elektrolit yang diperlukan tubuh. Makin tinggi kadar karbohidrat dalam minuman, semakin lambat tingkat pengosongan perut. Oleh karena itu, mengonsumsi minuman isotonik bukan hanya mengembalikan glikogen tetapi juga mencegah terjadinya dehidrasi.

Namun, perlu diketahui bahwa minuman isotonik itu mengandung kalori tinggi. Kalori tersebut berasal dari gula yang terkandung pada minuman tersebut. Menurut University of Illinois Extension, mengonsumsi minuman isotonik memiliki kandungan campuran gula lebih dari 8 persen.

Diambil dari https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/minuman-isotonik-kebugaran-tubuh/

fShare
0

  

Awas! Terlalu Sering Nonton Film Sadis Tumbuhkan Sifat Psikopatik Pada Anak

Tak dapat dipungkiri lagi kalau nonton film dan sinetron menjadi aktivitas favorit banyak orang untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas.

Lebih lanjut ...

Menarik Atau Mengayunkan Lengan Anak Ternyata Berbahaya!

Saat bermain dengan bayi atau balita, biasanya para orangtua suka mengayun atau menggendongnya dengan menarik lengan anak bagian atas terlebih dahulu. Padahal, menarik atau mengayunkan lengan anak bisa menimbulkan bahaya tersendiri.

Lebih lanjut ...

Suka Menjambak Atau Menarik-narik Rambut? Kenali Gangguan Psikologis Trikotilomania

Anda mungkin pernah secara tak sadar menjambak atau menarik-narik rambut saat sedang stres atau cemas. Atau,  Anda sendiri pernah menyaksikan orang terdekat Anda sering melakukan hal ini?

Lebih lanjut ...

Awas, Makan Singkong Mentah Bisa Sebabkan Keracunan Sianida

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan singkong. Bahkan, di beberapa daerah di Indonesia, singkong dijadikan sebagai makanan pokok. Namun, tahukah Anda jika terlalu banyak makan singkong akan meningkatkan risiko keracunan sianida? 

Lebih lanjut ...

Awas, Sakit Gigi Bisa Sebabkan Stroke!

Kebanyakan orang sering menyepelekan gusi bengkak sampai pada akhirnya memicu sakit gigi yang parah. Selain membuat Anda mengalami kesulitan berbicara dan mengunyah makanan, sakit gigi pada dasarnya bisa mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Lebih lanjut ...

8 Cara Sederhana Mencegah Munculnya Keriput di Wajah

Garis halus dan keriput di wajah bisa muncul seiring bertambahnya usia. Meski ini merupakan bagian alami dari proses penuaan, tak dapat dipungkiri bahwa keriput bisa sangat mengganggu penampilan.

Lebih lanjut ...

4 Tips Jitu Mencukupi Kebutuhan Gizi Anak yang Alergi Susu Sapi

Gejala alergi susu sapi biasanya akan menghilang begitu anak mencapai usia empat tahun, dan hanya sedikit yang alerginya bertahan hingga dewasa. Tapi untuk sementara itu, banyak orangtua yang kebingungan bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang alergi susu sapi.

Lebih lanjut ...

Ini Bahayanya Bagi Kesehatan Jika Anda Sering Main Handphone Di Toilet

Saat ini, HP sudah jadi benda yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali saat ingin ke toilet. Banyak orang yang main HP di toilet, entah itu untuk mendengarkan musik, browsing, terima telepon, balas chat atau e-mail, ataupun sekedar cek sosial media. Namun, tahukah Anda jika kebiasaan satu ini nyatanya berbahaya?
 

Kenapa main HP di toilet itu tidak baik untuk kesehatan?

Salah satu cara termudah dari penularan penyakit adalah lewat sentuhan. Pasalnya, tangan merupakan salah satu rumah ternyaman bagi bakteri, kuman, dan virus penyebab penyakit. Sekitar 5ribu bakteri menghuni kedua tangan Anda setiap waktu. Oleh karena itu, sentuhan tangan, baik secara langsung dengan kulit orang lain maupun memegang benda, dapat menjadi sarana penyebaran bakteri.
 
Handphone adalah perpanjangan tangan Anda. Bakteri dan kuman yang seharian ada di tangan Anda bisa berpindah ke permukaan handphone. Kamar mandi sendiri merupakan ladang bakteri. Mulai dari tuas pembilas (flush), pegangan pintu, kran air, hingga di dudukan toilet, semua mengandung bakteri. Memegang benda-benda ini dan kemudian lanjut memegang hape selama menuntaskan “urusan kamar mandi” bisa memindahkan bakteri ke hape Anda.
 
Terlebih, saat Anda membilas toilet, air toilet akan bercampur dengan zat sisa urine dan feses yang bisa terciprat hingga 2 meter ke segala arah. Satu gram kotoran manusia bisa berisi satu triliun kuman. Cipratan air tersebut akan menguap dan bakteri yang dibawanya akan menempel di permukaan hape tanpa pernah Anda sadari. Mereka juga bisa merambat ke tangan bahkan setelah Anda cuci tangan, karena setelah cuci tangan Anda pasti akan kembali memegang hape. Bayangkan ada berapa banyak bakteri yang Anda angkut dari hape bergabung dengan bakteri yang sudah tinggal lama di tangan?
 
Mungkin Anda tidak akan langsung makan usai dari kamar mandi, tapi bakteri yang menempel di permukaan handphone akan dengan mudah berpindah tangan ke benda-benda lainnya yang Anda pegang, di luar kamar mandi. Bukannya tidak mungkin jika bakteri tersebut masuk ke dalam makanan Anda. Pasalnya, hampir semua orang pasti pernah iseng main HP saat makan – sekadar untuk cek linimasa atau balas e-mail si bos.
 

Yang bisa dilakukan untuk mencegah paparan bakteri dari HP

Periset di University of Arizona menemukan bahwa main HP di toilet diketahui bisa membawa bakteri sebanyak sepuluh kali lipat lebih banyak dibanding dudukan toilet. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Clinical Microbiology and Antimicrobials menemukan bahwa 95 persen HP para petugas kesehatan diketahui terpapar bakteri. Bahkan beberapa di antaranya berpotensi menyebabkan infeksi, seperti infeksi bakteri staph.
 
Untuk mengurangi kemungkinan Anda terinfeksi penyakit dari kebiasaan main HP di toilet, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan lakukan, yaitu:
 
1. Cuci tangan
 
Cuci tangan merupakan hal yang mudah dilakukan tetapi sayangnya jarang dipraktikan. Pun sekalinya dipraktikkan, banyak orang yang tidak melakukan teknik cuci tangan dengan benar. Padahal, dengan cuci tangan yang benar, risiko penyebaran kuman dapat dikurangi. Jika Anda berada dalam keadaan mendesak dan memang tidak ada pilihan lain untuk cuci tangan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.
 
2. Rutin membersihkan ponsel
 
Jangan sampai keasikan main hape jadi membuat Anda lupa untuk menjaga kebersihan perangkat elektronik yang satu ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, HP Anda merupakan sarang bakteri dan kuman yang bisa meningkatkan risiko infeksi. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk merawat dan menjaga kebersihan HP Anda sendiri.
 
Idealnya, Anda bisa membersihkan dengan alkohol atau cairan antiseptik, namun mengingat HP Anda merupakan salah satu alat elektronik mahal, Anda harus menggunakan cara lain. Sebagai gantinya, Anda bisa membersihkan HP Anda menggunakan kain bersih yang lembut setiap hari. Atau jika perlu, pertimbangkan untuk menggunakan pembersih khusus untuk layar atau perangkat HP Anda secara keseluruhan.

Diambil dari https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/bahaya-main-hp-di-toilet/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss

Lebih lanjut ...

Awas, Olahraga Terlalu Berat Bisa Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Saat ini, semakin banyak orang yang rutin berolahraga dengan giat dan teratur, yang merupakan suatu hal yang baik. Namun, segala sesuatu yang dilakukan berlebihan tentunya tak lagi baik.

Lebih lanjut ...

Obat-obatan yang Dapat Meningkatkan Risiko Anda Terkena Penyakit Lupus

Penyakit lupus atau dalam bahasa medisnya disebut dengan Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah salah satu penyakit autoimun yang paling sering menyerang manusia.

Lebih lanjut ...

Eksistensi Robot Mengancam Profesi Manusia

Sebuah penelitian oleh Forrester Research memperkirakan pada 2021 robot akan mulai mengambil sebagian pekerjaan manusia. Pekerjaan seperti bankir, supir taksi, dan agen pelayanan konsumen, menjadi yang paling terancam oleh perkembangan teknologi kecerdasan buatan.

Lebih lanjut ...

Dampak Negative Dengan Adanya robot terhadap pengangguran

Beberapa analis, seperti Martin Ford, penulis The Lights di Tunnel: Otomasi, Teknologi Mempercepat dan Ekonomi Masa Depan, berpendapat bahwa robot dan bentuk lain dari otomatisasi pada akhirnya akan menghasilkan signifikan pengangguran ekonomi kecuali direkayasa untuk menyerap mereka tanpa menggusur manusia, sebagai mesin mulai mencocokkan dan melebihi kemampuan pekerja untuk melakukan sebagian besar pekerjaan.

Lebih lanjut ...

Pertama di Dunia, Arab Saudi Beri Kewarganegaraan Pada Robot

yadh - Arab Saudi menjadi negara pertama di dunia yang memberikan kewarganegaraan pada robot. Robot tersebut bernama Sophia.

Lebih lanjut ...

Robot Method-2 Ini Menjadi Bukti Robot dalam film atau game seperti Gundam, Avatar dan Pacific Rim Menjadi Nyata!

 

Anda suka bermain game Mechwarrior? Atau lagi asik main game Titanfall? Game-game tersebut mengambil konsep pertempuran menggunakan robot-robot raksasa yang bisa dikendarai oleh manusia.

Lebih lanjut ...

Robot Dan Kendali Dengan Sistem Cloud

Dengan zaman yang semakin maju, teknologi semakin canggih, itulah yang terjadi saat ini. Perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat dalam hitungan bulan beberapa generasi teknologi baru pun mucnul dengan peningkatan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya, saat ini saya akan membahas mengenai perkembangan robotika.

Lebih lanjut ...

Robot Koki Ini Bisa Masak dan Cuci Peralatan

Jika Anda mungkin tidak memiliki waktu untuk memasak karena sibuknya aktivitas, robot yang dibuat oleh salah satu perusahaan berbasis di Inggris, Moley Robotics bisa jadi solusi. Robot Moley Robotics Kitchen, merupakan robot yang bisa memasak apa pun sesuai keinginan dan mampu langsung mencuci peralatan masak.

Lebih lanjut ...

Tangan Robot Ini Dikendalikan Langsung Dari Otak, Berguna Untuk Bantu Pasien Stroke

Sebuah tim ilmuwan dari Washington University School of Medicine di St. Louis membuktikan ilmu robotika ternyata sangat berguna untuk kesehatan dan membantu penyembuhan pasien. Utamanya pasien stroke yang sedang mengalami kelumpuhan di tangannya. Tim ini membuat alat dengan nama Ipsihand, dan diklaim dapat membantu rehabilitasi stroke berjalan lebih cepat.

Lebih lanjut ...

Rumah RV, Rumah Robot Masa Depan

Banyak sekali kisah fiktif yang menceritakan gambaran kehidupan masa depan, robot selalu dikaitkan dengan apa yang ada pada masa depan.

Lebih lanjut ...

Petani Kreatif Tak Lulus SD Tapi Mampu Ciptakan 60 Robot Sendiri

Selama 30 tahun terakhir, seorang petani dari Beijing sibuk membangun sendiri keluarga robotnya. Meski tidak menyelesaikan sekolah dasarnya, Wu secara autodidak berhasil membuat 60 robot yang dapat dioperasionalkan.

Lebih lanjut ...

Pelajar Sidoarjo Bikin Robot Transportasi Tanpa Polusi

Sidoarjo - Pelajar SMA Muhammadiyah II Sidoarjo berhasil menciptakan robot transportasi tanpa mengeluarkan polusi. Robot ini juga meraih juara satu tingkat nasional yang diadakan di Universitas Indonesia.

Lebih lanjut ...