•   
  •   
  •   
  •   
For up to £250 Bonus for sports, use our exclusive bet365 Bonus www.abonuscode.co.uk Claim your bonus and start betting at bet365 now.

Benarkah Minuman Isotonik Bisa Menjaga Tubuh Tetap Bugar?

Saat berolahraga, tubuh Anda mengeluarkan banyak cairan. Hal ini, tentu membuat tubuh Anda menjadi lemas dan lelah setelahnya. Mengonsumsi air dapat mengganti cairan tubuh Anda yang hilang.

Selain itu, perlu minuman yang dapat menggantikan cairan tubuh dan membuat Anda tetap bugar, contohnya minuman isotonik. Namun, benarkah minum isotonik dapat menjaga tubuh tetap bugar? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Apa yang terjadi pada tubuh saat beraktivitas?

Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan banyak cairan elektrolit, seperti natrium, kalium, fosfat, kalsium, magnesium, dan klorin. Selain itu, tubuh juga menggunakan energi yang berasal dari glikogen glukosa ketika berolahraga. Inilah sebabnya setelah berolahraga Anda akan merasa haus dan lelah.

Benarkah minuman isotonik dapat menjaga kebugaran tubuh?

Dilansir dari Live Strong, studi dari Belanda dalam International Journal of Sports Medicine membandingkan efek minuman ringan berkafein, air mineral dengan natrium rendah dan larutan elektrolit karbohidrat dalam minuman isotonik pada pengendara sepeda elit. Hasilnya, minuman isotonik lebih banyak menggantikan kebutuhan natrium, magnesium, dan kalsium di tubuh pengendara sepeda. Sederhananya, minuman isotonik mampu mengembalikan kebugaran pengendara sepeda tersebut setelah melakukan olahraga.

Selain itu, periset di University of Edinburgh mengukur efek minuman isotonik pada atlet muda saat berolahraga yang mengonsumsi minuman sebelum dan selama pertandingan berlangsung. Hasilnya, yang diterbitkan dalam European Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa asupan cairan dari minuman isotonik memungkinkan atlet untuk melanjutkan aktivitas stop-start intensitas tinggi hingga 24 persen lebih lama daripada mereka yang minum larutan tanpa elektrolit.

Minuman isotonik lebih dari sekadar air karena mengandung sekitar 280 sampai 330 osmolalitas, yaitu jumlah partikel yang terlarut antara karbohidrat, elektrolit, dan pemanis. Rata-rata kandungan osmolalitas tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keseimbangan cairan tubuh.

Kandungan isotonik dan perannya dalam tubuh

Elektrolit

Elektrolit berfungsi untuk menjaga dan mengatur jumlah air dalam tubuh serta membantu komunikasi antar sel, misalnya pada otak, sistem saraf, dan otot. Bila tubuh kekurangan cairan elektrolit maka akan menyebabkan dehidrasi atau kerusakan sel. Karena fungsinya tersebut, banyak atlet dan pelari yang mengonsumsi minuman isotonik setelah mereka melakukan olahraga.

Karbohidrat

Berolahraga tentu menghabiskan banyak energi yang asalnya dari karbohidrat glikogen. Saat melakukan latihan keras, 90 gram glikogen yang tersimpan pada organ hati akan habis dalam beberapa menit. Kemudian, glikogen yang terdapat pada otot sebanyak 400 gram akan terpakai untuk berolahraga selama 2 jam atau lebih.

Untuk mengembalikan glikogen tersebut, tubuh memerlukan waktu sekitar 24 jam. Namun dengan minuman isotonik, glikogen akan lebih cepat seimbang.

Cairan

Kelihatannya memang logis bila mengkonsumsi air saat Anda berkeringat akibat olahraga, tapi air saja justru bisa menyebabkan kembung karena tidak mengandung karbohidrat dan elektrolit yang diperlukan tubuh. Makin tinggi kadar karbohidrat dalam minuman, semakin lambat tingkat pengosongan perut. Oleh karena itu, mengonsumsi minuman isotonik bukan hanya mengembalikan glikogen tetapi juga mencegah terjadinya dehidrasi.

Namun, perlu diketahui bahwa minuman isotonik itu mengandung kalori tinggi. Kalori tersebut berasal dari gula yang terkandung pada minuman tersebut. Menurut University of Illinois Extension, mengonsumsi minuman isotonik memiliki kandungan campuran gula lebih dari 8 persen.

Diambil dari https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/minuman-isotonik-kebugaran-tubuh/

  

Obat Diabetes Kelupaan Diminum, Bahaya Atau Tidak?

Orang yang telah didiagnosis diabetes (diabetesi), harus menjalani pengobatan seumur hidupnya. Pasalnya, penyakit ini memang tidak dapat disembuhkan, hanya dapat Anda kendalikan.

Lebih lanjut ...

Tips Memulai Olahraga Setelah Divonis Mengidap Diabetes

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, penderita diabetes perlu mengontrol kadar gula darahnya. Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko komplikasi penyakit diabetes. Cara mengontrol kadar gula darah adalah dengan menjaga asupan makanan, istirahat yang cukup, dan meningkatkan aktivitas fisik.
 
Berolahraga bagi penderita diabetes memang dianjurkan, namun dengan berbagai catatan. Memulai olahraga kembali setelah sudah terlalu lama tidak olahraga, harus dilakukan dengan hati-hati.
 
Tak hanya olahraga, Anda juga harus meningkatkan aktivitas fisik
 
Aktivitas fisik yang dilakukan oleh orang-orang saat ini, terutama yang hidup di daerah perkotaan, cenderung rendah. Saat ini banyak tersedia mobil, motor atau angkutan umum, serta lift sehingga mengurangi orang berjalan dan naik turun tangga. Bahkan, saat ini sudah ada pemesanan makanan online sehingga Anda tidak perlu pergi ke luar untuk membeli makanan di jam makan siang.  Dengan pola hidup seperti itu, tentu penting sekali melakukan aktivitas fisik sehari-hari yang mengharuskan tubuh Anda bergerak lebih banyak.
 
Penderita diabetes juga perlu melakukan aktivitas fisik. Mengapa begitu? Menurut Diabetes Canada, rendahnya aktivitas fisik menjadi faktor risiko yang sama kuatnya dengan merokok, sebagai penyebab kematian. Bahkan, tingkat kebugaran adalah salah satu prediktor terkuat penyebab kematian pada penderita diabetes. Semakin rendah tingkat kebugaran maka akan semakin tinggi pula risiko kematiannya.
 
Fakta lain menyebutkan bahwa aktivitas fisik juga hampir sama efektifnya dengan obat penurun gula darah dan tentu saja dengan efek samping yang lebih rendah.

Lebih lanjut ...

Saat Steve Jobs terbaring di RS...

Kata2 terakhir Steve Jobs sebelum meninggal (Sumber : Forbes)

Dalam dunia bisnis, aku adalah simbol dari kesuksesan, seakan-akan harta dan diriku tidak terpisahkan, karena selain kerja, hobiku tak banyak.

Lebih lanjut ...

Stop Pakai Talenan Kayu Bila Anda Tidak Mau Kena Bahaya Ini

Talenan merupakan salah satu benda penting yang wajib yang ada dalam area ranah dapur rumah Anda. Talenan dan pisau juga merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan untuk memotong bahan-bahan makanan yang akan dimasak.

Lebih lanjut ...

Mengenal Benzopyrene, Zat Hasil Pembakaran yang Bisa Sebabkan Kanker Paru

Sebagian besar dari penyakit kanker muncul seiring dengan perjalanan hidup, begitu juga kanker paru. Satu dari triliunan sel yang ada dalam tubuh Anda suatu saat bisa saja mengalami kemunduran.

Lebih lanjut ...

Hati-hati, Sembarangan Pakai Obat Tetes Mata Bisa Sebabkan Kebutaan

Banyak orang yang langsung meneteskan obat mata yang dijual bebas di apotek untuk mengobati mata merahnya, tanpa berkonsultasi dulu ke dokter. Mungkin Anda juga termasuk salah satunya. Padahal, pemakaian obat mata tidak boleh sembarangan. Pemakaian obat tetes mata yang sembarangan dapat meningkatkan risiko glaukoma. Risiko ini terutama tinggi untuk obat tetes mata steroid. Tidak percaya? Ketahui ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Sembarangan pakai obat tetes mata steroid meningkatkan risiko glaukoma

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan. Umumnya glaukoma disebabkan karena tingginya tekanan dalam bola mata.

Obat mata steroid yang digunakan setiap hari dan dalam jangka waktu panjang akan meningkatkan penumpukkan glikosaminoglikan, yaitu komponen struktural utama dari tulang rawan yang ditemukan dalam kornea. Penumpukan glikosaminoglikan ini akan menyumbat aliran cairan di dalam mata.

Selain itu, obat mata steroid juga akan meningkatkan produksi protein di trabecular meshwork (saluran-saluran di mata) yang kemudian dapat menyumbat aliran cairan di dalam mata. Karena aliran cairan di dalam mata terbendung akibat terjadinya penyumbatan, hal tersebut membuat tekanan di bola mata meningkat.

Peningkatkan tekanan di bola mata ini akan menyebabkan kerusakan saraf optik yang menghubungkan penglihatan dengan otak. Akhirnya, lama kelamaan luas pandangan pun akan menyempit sehinga menyebabkan glukoma. Jika kondisi ini dibiarkan terlalu lama, bahkan dapat berujung pada kebutaan.

Selain glaukoma, penggunaan obat tetes mata dalam jangka panjang  yang mengandung steroid juga bisa menyebabkan lensa menjadi keruh atau dalam bahasa medisnya disebut dengan katarak.

Pentingnya membaca informasi kandungan dalam kemasan obat tetes

Pemakaian obat tetes mata steroid harusnya ditebus dengan resep dokter. Tapi, pada kenyataannya obat mata jenis ini banyak dijual bebas di di apotek maupun toko obat. Untuk mengetahui apakah obat tetes mata yang Anda gunakan mengandung steroid atau tidak, Anda bisa membaca kandungan obat yang tertera pada kemasan. Biasanya, jenis steroid dapat ditemukan dalam kandungan: dexamethasone, fluorometholone, dan prednisolone.

Pada dasarnya obat tetes mata yang boleh digunakan hanya obat dengan kandungan ringan, seperti artificial tears atau air mata alami. Jika Anda mengeluhkan kondisi mata merah disertai dengan rasa sakit, nyeri, dan berair, sebaiknya periksa ke dokter mata untuk mendapat penanganan yang lebih tepat.

Menggunakan obat tetes mata yang banyak di jual di pasaran memang bisa menjadi solusi yang mudah. Tapi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, misalnya, ketika obat tetes mata yang digunakan tidak memberikan efek melegakan. Atau, kondisi mata Anda justru jadi memburuk ataupun timbul gangguan lain pada mata. Apabila sudah begini, segera hentikan penggunaan obat tetes mata tersebut dan kunjungi dokter spesialis mata. Informasikan produk obat tetes mata yang digunakan kepada dokter.

Ingat, mata merupakan organ penting yang harus dijaga kesehatannya juga kebersihannya. Gunakan obat tetes mata seperlunya. Misalnya jika terjadi gangguan ringan. Segera konsultasi ke dokter spesialis mata jika kondisi Anda tidak segera membaik atau timbul gejala lain.

Diambil dari https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/bahaya-obat-tetes-mata-steroid/

Lebih lanjut ...

Apa Penyakit Asma Sudah Bisa Dideteksi Sejak Bayi?

Mengi (napas berbunyi lirih seperti ngik-ngik), sesak napas, dan batuk, merupakan salah satu gejala asma yang terjadi pada orang dewasa. Namun, jika bayi yang masih berusia di bawah satu tahun mengalami gejala tersebut, apa bisa dibilang gejala asma pada bayi?

Lebih lanjut ...

7 Cara Membangkitkan Kembali Rasa Kepercayaan Diri Anak

Setiap orangtua tentu berharap anaknya bisa tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Pasalnya, seseorang yang percaya diri akan lebih bisa menghargai dan mencintai diri sendiri.

Lebih lanjut ...

Kenapa Orang Diabetes Sering Sakit Kepala? Ini 4 Penyebabnya

Seseorang yang memiliki diabetes, cenderung sering mengalami sakit kepala atau pusing. Tubuh yang tidak mampu lagi memproduksi atau menggunakan insulin, disinyalir menjadi penyebab utama diabetesi merasakan pusing atau sakit kepala.

Lebih lanjut ...

Awas! Terlalu Sering Nonton Film Sadis Tumbuhkan Sifat Psikopatik Pada Anak

Tak dapat dipungkiri lagi kalau nonton film dan sinetron menjadi aktivitas favorit banyak orang untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas.

Lebih lanjut ...

Di Jepang, Fungsi Kasir Mulai Digantikan Robot

Jepang menguji coba robot kasir yang dirancang untuk menghitung total belanjaan, mengurus pembayaran, hingga membungkus barang-barang dengan plastik.

Lebih lanjut ...

Dampak Negative Dengan Adanya robot terhadap pengangguran

Beberapa analis, seperti Martin Ford, penulis The Lights di Tunnel: Otomasi, Teknologi Mempercepat dan Ekonomi Masa Depan, berpendapat bahwa robot dan bentuk lain dari otomatisasi pada akhirnya akan menghasilkan signifikan pengangguran ekonomi kecuali direkayasa untuk menyerap mereka tanpa menggusur manusia, sebagai mesin mulai mencocokkan dan melebihi kemampuan pekerja untuk melakukan sebagian besar pekerjaan.

Lebih lanjut ...

Robot Bakal Gantikan Peran Dokter dan Perawat

Di Amerika Serikat, robot bisa memberikan perawatan inap di rumah sakit. Robot ini nantinya tak hanya menggantikan dokter & perawat saja. 

Lebih lanjut ...

Suara Google Assistant Makin Manusiawi dengan Teknologi DeepMind

Liputan6.com, Jakarta - Asisten virtual memang menjanjikan pengalaman baru dalam berinteraksi dengan perangkat. Namun dengan teknologi saat ini, asisten virtual yang ada masih terkesan kaku dan masih mirip mesin.

Lebih lanjut ...

Pertemuan Pertama Kali Tiga Kapal Pesiar Terbesar Dunia

Kapal pesiar Royal Caribbean International Oasis of The Seas, Allure of The Seas, dan Harmony of the Seas terbaru hadir bersama untuk menandai kedatangan barunya di Port Everglades.

Lebih lanjut ...

Robot Cerdas Ancam Jutaan Pekerjaan

Kemajuan dalam kecerdasan buatan akan segera menghasilkan robot yang mampu melakukan banyak hal, layaknya manusia.

Lebih lanjut ...

Canggih, Tablet Ini Bisa Dilipat Menjadi Ponsel

Jakarta - Lenovo sudah cukup lama 'bermain' dengan konsep perangkat layar lipat. Kini mereka memamerkan perangkat konsep itu yang sudah bisa dipakai, meski masih jauh untuk menjadi perangkat yang siap dijual ke pasaran.

Lebih lanjut ...

Nest Hello, Bel Pintu Canggih Milik Alphabet

Metrotvnews.com: Unit bisnis Google yang memproduksi perangkat elektronik untuk rumah pintar, Nest, baru saja merilis produk terbarunya yang canggih, yaitu sebuah bel pintu rumah yang bisa mengetahui siapa yang ada di depan pintu rumah Anda.

Lebih lanjut ...

Robot Method-2 Ini Menjadi Bukti Robot dalam film atau game seperti Gundam, Avatar dan Pacific Rim Menjadi Nyata!

 

Anda suka bermain game Mechwarrior? Atau lagi asik main game Titanfall? Game-game tersebut mengambil konsep pertempuran menggunakan robot-robot raksasa yang bisa dikendarai oleh manusia.

Lebih lanjut ...

Robot Gantikan Pekerjaan Manusia pada 2020

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah penelitian dari The World Economic Forum (WEF) menyebutkan sekitar 5 juta pekerjaan dari segala profesi akan digantikan oleh robot pada 2020 mendatang.

Lebih lanjut ...