•   
  •   
  •   
  •   

Penyebab Polio Kembali Mewabah di Indonesia, Setelah Tahunan Berhasil Dibasmi

fShare
0
Beberapa waktu belakangan ini, pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya menggalakkan program imunisasi wajib untuk balita dan anak. Termasuk di antaranya adalah imunisasi polio. Ini menandakan bahwa penyakit polio kembali mewabah dan mengintai anak-anak Indonesia. Padahal, Indonesia sempat dinyatakan sebagai negara bebas polio oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Mengapa penyakit polio kembali menyeruak ke permukaan setelah bertahun-tahun lamanya? Apa yang harus dilakukan untuk menghentikan penyebaran penyakit ini?  

Penyakit polio kembali mewabah di Indonesia sejak tahun 2005

Indonesia pernah dinobatkan sebagai negara bebas polio oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1995. Namun semenjak tahun 2005, virus penyakit menular ini pertama kali muncul kembali di daerah Sukabumi setelah tak sengaja terbawa dari negara lain. Selanjutnya, polio terus menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, seperti pulau Jawa dan Sumatera.
 
Polio itu sendiri adalah infeksi menular yang disebabkan oleh virus polio. Penyakit polio menyerang sistem saraf pusat sehingga menyebabkan kelumpuhan — seringnya melumpuhkan kaki. Pada kasus yang berat, penyakit ini dapat membuat anak kesulitan bernapas dan menelan.
 
Sampai saat ini, polio tidak ada obatnya. Oleh karena itu, satu hal yang bisa dilakukan dan dijamin efektif adalah mencegah penyebaran virus penyebabnya. Pencegahan virus polio hanya bisa dilakukan lewat vaksin alias imunisasi. Maka dari itu, WHO mewajibkan setiap negara untuk melakukan vaksin rutin demi mencegah penyakit polio mewabah. Inilah yang sudah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI sejak lama.

Polio mudah menyebar kalau anak Indonesia tidak diimunisasi

Sayangnya, tidak semua anak Indonesia mendapatkan vaksin lengkap, termasuk imunisasi polio, akibat terbentur oleh berbagai macam hal sebab. Menurut data Profil Kesehatan Indonesia, pada tahun 2015 cakupan imunisasi dasar lengkap pada balita hanya mencapai 86,54 persen saja. Sementara, angka yang ditargetkan pemerintah saat itu adalah sebesar 91 persen.
 
Banyak orangtua yang ragu atau bahkan menolak sama sekali untuk mengimunisasi anaknya karena memercayai kesalahpahaman yang beredar di masyarakat. Misalnya, kabar burung yang bilang bahwa imunisasi menyebabkan kelumpuhan atau autisme — dua mitos yang salah besar dan sudah dibantah oleh begitu banyak penelitian medis sahih.
 
Hal inilah yang mendorong kembalinya penyakit polio mewabah di Indonesia setelah sekian tahun lamanya. Polio adalah penyakit yang sangat mudah menyebar pada anak-anak yang tidak diimunisasi, terlebih karena pada awalnya penyakit ini tidak menunjukkan gejala sama sekali. Begitu sudah parah menggerogoti tubuh, barulah polio tampak menyeruak di permukaan.
 
Polio sangat mudah untuk menyerang anak balita yang tidak diimunisasi polio atau yang tidak lengkap. Itu sebabnya kenapa setiap anak wajib untuk diimunisasi.

Jangan takut untuk memberikan si kecil imunisasi

Vaksin atau imunisasi adalah satu-satunya cara yang efektif dan ampuh untuk membuat si kecil kebal dari berbagai penyakit infeksi yang mengintainya, seperti polio. Imunisasi polio dilakukan sebanyak 4 kali dan seluruhnya harus komplit didapatkan si kecil jika Anda tak mau ia terserang polio. Pastikan juga kalau ia mendapatkan imunisasi dasar lainnya ketika ia berusia balita dan imunisasi lanjutan saat anak memasuki usia sekolah.
 
Vaksin sepenuhnya aman. Anak Anda harus mendapatkan imunisasi lengkap untuk melindungi tubuhnya sendiri dan anak-anak lainnya. Virus polio sangat mudah menyebar karena pada awalnya penyakit ini tidak akan menunjukkan gejala sehingga seringnya ditemukan saat sudah parah dan mewabah.
 
fShare
0

  

Ingin Sukses Berbisnis? Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Jam 7 Pagi

Entrepreneur semakin dianggap sebagai profesi yang menjanjikan. Pasalnya sudah banyak bukti anak muda yang menjadi kaya dengan menjadi entrepreneur. Namun untuk menjadi sukses seperti mereka, Anda harus membiasakan diri dengan hal-hal yang biasa orang sukses lakukan. Salah satunya saat rutinitas pagi. Apa yang Anda lakukan saat pagi turut menentukan produktivitas seharian.

Lebih lanjut ...

Radang Sendi Tak Sekadar Nyeri, Berisiko Cacat

TEMPO.CO, Jakarta - Banyak orang yang berpikir arthritis atau radang sendi adalah penyakit tunggal. Arthritis merupakan acuan untuk sekumpulan penyakit rematik dan kondisi yang terkait.

Lebih lanjut ...

10 Cara Jadi Miliarder

Banyak orang berfikir bagaimana caranya agar mereka dapat memiliki uang yang banyak dan menjadi miliarder. Mereka melakukan banyak cara mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Mulai dari yang membutuhkan modal sedikit hingga modal yang sangat banyak. Namun tidak semua orang bisa menemukan caranya. Sebagian kecil berhasil, dan sebagian besar gagal. 

Lebih lanjut ...

Manfaat dan Risiko Berjalan Tanpa Alas Kaki

Berjalan tanpa alas kaki mulai dilupakan banyak orang, padahal nenek moyang kita melakukannya setiap saat. Seiring majunya zaman, banyak orang mulai memakai alas kaki yang beragam bentuknya. Namun, tahukah Anda bahwa dengan berjalan tanpa alas kaki Anda dapat merasakan berbagai manfaat yang tidak akan Anda dapatkan jika berjalan dengan sepatu atau sendal? Tentu saja ada pro dan kontra akan hal ini. Untuk mengetahui kebenarannya, mari kita lihat baik dan buruk berjalan telanjang kaki berikut ini.

Lebih lanjut ...

Benarkah Orang yang Punya Asma Lebih Berisiko Kena Pneumonia?

Gejala serangan asma dan pneumonia sekilas bisa tampak mirip, sehingga mungkin banyak orang yang kebingungan membedakan keduanya. Banyak juga yang bertanya-tanya apakah asma bisa menyebabkan pneumonia, atau apakah pneumonia bisa menyebabkan asma? Atau memang asma dan pneumonia memang saling berkaitan? 

Lebih lanjut ...

Menjadi Luar Biasa dengan Berpikir Besar

 

Yang paling besar adalah lautan. Yang paling luas adalah angkasa. Dan yang paling jauh adalah pikiran kita – Bentek Hijani.

Lebih lanjut ...

Nasi Jagung Ternyata Lebih Sehat dari Nasi Putih, Tertarik Mencoba?

Nasi jagung merupakan salah satu makanan pokok penduduk Indonesia di wilayah tertentu, seperti di Nusa Tenggara Timur dan Jawa Timur, atau di wilayah lainnya yang banyak menghasilkan jagung, bukan beras. Nasi jagung bukan merupakan campuran antara nasi dan jagung. Tapi, merupakan olahan jagung dengan bentuk menyerupai nasi. Jadi, saat Anda makan nasi jagung, yang sebenarnya Anda makan adalah jagung.

Lebih lanjut ...

Ini Alasan Jalan Kaki Lebih Baik Daripada Gym

Banyak orang lebih memilih pergi ke gym untuk mendapatkan rangkaian aktivitas fisik yang tepat agar tubuh sehat dan bugar. Padahal rutin berjalan kaki setiap hari diklaim lebih sehat dibandingkan gym, mengapa?

Lebih lanjut ...

5 Tahap yang Harus Dilalui Kalau Mau Sukses Mengusir Kebiasaan Buruk

Sebuah kebiasaan buruk yang dipelihara dan dibiarkan berlama-lama, bisa menjadi bumerang dalam hidup Anda. Dimulai dari kebiasaan tidak sehat seperti ngemil sebelum tidur, kebiasaan menunda pekerjaan untuk main game, sampai kebiasaan terlambat. Namanya juga kebiasaan, pasti susah untuk dibuang. Maka dari itu, Anda harus mencari cara mengubah kebiasaan buruk tersebut.

Lebih lanjut ...

Di Dunia Ini Ada "3 Jenis" Uang Misterius, Semakin Kamu Habiskan, Semakin Banyak Kamu Dapat!

Miliarder Hong Kong "Li Ka-Shing": Di dunia ini ada 3 jenis uang yang sangat misterius, semakin banyak kamu habiskan, semakin banyak kamu dapat! Yuk lihat, sehebat apa 3 jenis uang itu? 

Lebih lanjut ...

China Berlari, Indonesia Sibuk Bermimpi

Mengapa China Melaju Cepat Melebihi Bangsa-Bangsa Lain?? Hanya 25 tahun Sejak Reformasi Deng, China Sudah Sejajar Dengan AS Dari Segi Kemakmuran. Kini China sudah melewati Barat dari segi ilmu & teknologi. Ini terbukti dalam periode 10 tahun terakhir 60% lebih jumlah paten dunia berasal dari China

Lebih lanjut ...

Robot Pemotong Sayur Buatan Siswa SD Surabaya Sabet Medali Perak

Siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya yang tergabung dalam tim ekstrakurikuler robotika berhasil menciptakan robot pemotong sayur.

Lebih lanjut ...

Kehadiran Robot di Kehidupan Manusia Sebuah Keniscayaan?

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah analis telah memprediksi bahwa lambat laun robot akan berperan besar dalam kehidupan manusia. Bahkan, sejumlah pekerjaan manusia diperkirakan bakal terancam dengan kehadiran robot berbasis kecerdasan buatan. Meski terdengar sebagai kisah sains fiksi, sejumlah ilmuwan dan peneliti menyebut masa kedatangan robot di kehidupan manusia tak dapat dibendung dan akan benar-benar terjadi. 

Lebih lanjut ...

Puan Maharani Resmikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Agar pembangunan kesehatan dapat mengedepankan kesadaran dan kemauan untuk hidup sehat, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lapangan Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, DIY, Selasa (15/11/2016).

Lebih lanjut ...

Di Jepang, Fungsi Kasir Mulai Digantikan Robot

Jepang menguji coba robot kasir yang dirancang untuk menghitung total belanjaan, mengurus pembayaran, hingga membungkus barang-barang dengan plastik.

Lebih lanjut ...

Rumah RV, Rumah Robot Masa Depan

Banyak sekali kisah fiktif yang menceritakan gambaran kehidupan masa depan, robot selalu dikaitkan dengan apa yang ada pada masa depan.

Lebih lanjut ...

Canggih, Tato Pintar Ini Bisa Cek Status Kesehatan

Liputan6.com, Massachusetts - Smartwatch dengan kemampuan fitness tracker yang bisa mendeteksi status kesehatan, ternyata tak bisa sepenuhnya berfungsi dengan optimal. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan kapasitas daya dan koneksi nirkabel.

Lebih lanjut ...

Robot Dan Kendali Dengan Sistem Cloud

Dengan zaman yang semakin maju, teknologi semakin canggih, itulah yang terjadi saat ini. Perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat dalam hitungan bulan beberapa generasi teknologi baru pun mucnul dengan peningkatan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya, saat ini saya akan membahas mengenai perkembangan robotika.

Lebih lanjut ...

Jutaan Pemetik Teh Terancam Digantikan Robot

Jakarta - Di masa depan, banyak pekerjaan diprediksi bakal digantikan robot. Termasuk jutaan pekerja di industri teh terancam oleh teknologi canggih itu.

Lebih lanjut ...

Seram, Dua Robot Facebook Ciptakan Bahasa Sendiri

Jakarta - Peneliti di Facebook Artificial Intelligence Research membangun dua buah chatbot dengan kecerdasan buatan dengan tujuan untuk meniru proses negosiasi manusia. Namun robot itu terpaksa mereka matikan, kenapa?

Lebih lanjut ...

All for Joomla All for Webmasters