•   
  •   
  •   
  •   

8 Jenis Olahraga Otak yang Bisa Bikin Anda Jadi Lebih Pintar

fShare
0

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga membantu mengasah ketajaman otak. Dengan olahraga otak, akan terbentuk saraf-saraf baru yang dapat melindungi Anda dari gejala demensia atau kepikunan sejak dini.

Selain itu, jalinan saraf baru akan meningkatkan kemampuan kognitif otak untuk berpikir logis dan memecahkan masalah. Itu sebabnya, olahraga otak sama pentingnya dengan olahraga tubuh. Ketahui beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk olahraga otak dalam artikel ini.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk olahraga otak

1. Membaca

Anda suka membaca? Nah, hobi yang satu ini nyatanya merupakan salah satu bentuk olahraga otak, lho! Pasalnya, membaca dapat melenturkan otot-otot otak Anda, baik ketika Anda membaca bacaan yang ringan (seperti komik atau majalah) maupun bacaan “berat” yang berisi beragam informasi. 

Membaca juga akan memperluas wawasan Anda sehingga Anda jadi lebih cerdas. Karena itu, usahakan untuk menambah jenis bacaan Anda.

Bahkan, menurut penelitian Dr. Nikolaos Scarmeas yang dilakukan pada tahun 2001, diketahui bahwa membaca dapat membantu membangun ‘cadangan kognitif’ untuk menunda timbulnya demensia.

2. Bermain puzzle atau teka-teki silang (TTS)

Sejak dulu teka-teki silang (TTS) terkenal sebagai cara untuk mengasah kemampuan otak. Nah, menurut  pusat pelatihan kognitif LearningRx, selain teka-teki silang, puzzle dan Sudoku juga nyatanya dapat melatih kemampuan otak, khususnya otak kiri. Jika Anda terbiasa bermain teka-teki silang dan puzzle, tambahkan strategi baru dan terus tingkatkan kesulitan dari hari ke hari untuk meningkatkan kesuksesan latihan otak Anda, misalnya memecahkan teka-teki silang dengan tema yang tidak biasa.

Sedangkan untuk mengasah kemampuan otak kanan yang berfungsi untuk membantu Anda berpikir kreatif, Anda bisa melakukan permainan strategi seperti catur, monopoli atau game komputer lainnya.

4. Belajar bahasa asing

Belajar bahasa asing akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak Anda mulai berbicara. Sebuah penelitian tahun 2007 di York University di Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan pasokan darah ke otak untuk menjaga kesehatan jalinan saraf.

5. Main musik

Suatu studi oleh Nina Kraus yang dimuat di website Live Science menunjukan bahwa orang yang main alat musik dapat merespon suara dan bahasa lebih baik. Mereka juga akan cenderung mengalami proses penuaan otak yang lebih lambat. Dalam studi lainnya, Kraus juga menemukan berlatih alat musik bisa meningkatkan kemampuan seseorang untuk mendengar dalam suasana bising, dan mengenali aspek emosi dari suatu ucapan.

6. Aktivitas fisik

Latihan fisik juga dapat meningkatkan kesehatan otak, karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak Anda. Lakukannya latihan fisik apapun yang Anda senangi, selama hal tersebut membuat Anda aktif bergerak atau beraktivitas.

Salah satu contoh aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk olahraga otak adalah latihan aerobik. Hal ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine dan US National Library of Medicine. Penelitian ini menemukan bahwa latihan aerobik memiliki manfaat bagi otak Anda, asal dilakukan secara rutin dan konsisten selama 45 menit atau lebih. Jika perlu, Anda juga bisa menambahkan gerakan jalan cepat atau jogging dalam rutinitas sehari-hari untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Mengobrol dengan orang lain

Selain yang sudah disebutkan di atas, olahraga otak nyatanya bisa dilakukan hanya dengan sekedar bersosialisasi atau melakukan interakasi dengan orang di sekitar Anda. Ini bisa dilakukan dengan cara berkumpul bersama teman-teman, komunitas, ataupun kelompok yang bisa memperluas jaringan sosial Anda.

Bahkan, sebuah studi 2006 oleh Dr David Bennett dari Rush University Medical Center menemukan bahwa memiliki jaringan sosial dapat memberikan perlindungan terhadap gejala klinis penyakit Alzheimer.

8. Mencari beragam hal baru

Jika Anda sudah melakukan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas dan muncul perasaan bosan karena terlalu sering melakukannya, tantang otak untuk belajar keterampilan baru atau hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

Jika Anda bukan seniman, cobalah untuk belajar melukis, ikut kursus membuat kerajinan dari tanah liat, atau belajar menjahit. Jika Anda bisa bermain piano, belajarlah memainkan gitar. Intinya, temukanlah sesuatu yang baru dan menarik untuk dapat menjaga otak Anda tetap aktif.

Diambil dari https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/cara-olahraga-otak/

fShare
0

  

5 Cara Kilat Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam

Besok ada acara penting di kantor, pesta yang sudah ditunggu-tunggu, atau bahkan kencan dengan gebetan, tapi hari ini mendadak ada jerawat bengkak merah muncul di wajah.

Lebih lanjut ...

Liburan Pakai Kapal Pesiar Mulai Digandrungi, Berapa Biayanya?

Jakarta -Pesona wisata menggunakan kapal pesiar mewah tengah menjadi idaman.

Lebih lanjut ...

Apakah Orang yang Perfeksionis Pasti Mengidap Gangguan OCD?

Anda mungkin bisa dibilang sebagai seorang perfeksionis jika selalu menuntut agar setiap pekerjaan yang dilakukan harus membuahkan hasil terbaik sama sekali tak bercela.

Lebih lanjut ...

Awas! Terlalu Sering Nonton Film Sadis Tumbuhkan Sifat Psikopatik Pada Anak

Tak dapat dipungkiri lagi kalau nonton film dan sinetron menjadi aktivitas favorit banyak orang untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas.

Lebih lanjut ...

10 Cara Jadi Miliarder

Banyak orang berfikir bagaimana caranya agar mereka dapat memiliki uang yang banyak dan menjadi miliarder. Mereka melakukan banyak cara mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Mulai dari yang membutuhkan modal sedikit hingga modal yang sangat banyak. Namun tidak semua orang bisa menemukan caranya. Sebagian kecil berhasil, dan sebagian besar gagal. 

Lebih lanjut ...

Daftar Makanan Nol Kalori yang Malah Bikin Tubuh Cepat Gemuk

Demi tercapainya berat badan ideal, banyak orang yang sengaja untuk makan makanan rendah kalori. Tidak ada yang salah dengan menjalani diet rendah kalori. Tapi Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih jenis makanannya. Sebab, ada beberapa makanan yang tergolong sebagai makanan nol kalori alias empty calorie, yang diam-diam dapat menggagalkan rencana diet Anda, bahkan hingga mengancam kesehatan tubuh. 

Lebih lanjut ...

Halimah Yacob, dari Penjual Nasi Padang ke Istana Presiden Singapura

SINGAPURA, KOMPAS.com - Tidak banyak yang tahu jika Presiden-terpilih Singapura Halimah Yacob hidup pas-pasan di masa kecilnya.

Lebih lanjut ...

Ingin Sukses Berbisnis? Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Jam 7 Pagi

Entrepreneur semakin dianggap sebagai profesi yang menjanjikan. Pasalnya sudah banyak bukti anak muda yang menjadi kaya dengan menjadi entrepreneur. Namun untuk menjadi sukses seperti mereka, Anda harus membiasakan diri dengan hal-hal yang biasa orang sukses lakukan. Salah satunya saat rutinitas pagi. Apa yang Anda lakukan saat pagi turut menentukan produktivitas seharian.

Lebih lanjut ...

Sering Cuci Muka, Mengusir Atau Justru Bikin Jerawatan? Ini Faktanya!

Salah satu kunci untuk memiliki kulit yang bebas dari jerawat adalah dengan menjaga kebersihan muka. Karena itu selama ini Anda mungkin menjaga kebersihan dengan sering-sering cuci muka.

Lebih lanjut ...

Bahaya Begadang Organ Tubuh Bisa Hancur

Para dokter di National Taiwan Hospital baru-baru ini mengejutkan dunia kedokteran.

Lebih lanjut ...

Pengemasan di Industri Makanan dan Minuman Diambil Alih Robot

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri makanan dan minuman mulai merambah pada teknologi yang makin canggih. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan otomatisasi industri dengan menggunakan robot untuk pengemasan

Lebih lanjut ...

Di Jepang, Fungsi Kasir Mulai Digantikan Robot

Jepang menguji coba robot kasir yang dirancang untuk menghitung total belanjaan, mengurus pembayaran, hingga membungkus barang-barang dengan plastik.

Lebih lanjut ...

Jepang Kembangkan Robot Penjaga Stasiun

Jakarta - Salah satu kendala ketika berpergian ke Jepang adalah tidak semua warga di sana bisa berbahasa Inggris. Untuk mengatasinya, perusahaan kereta East Japan Railways (JR East) bakal menghadirkan robot di beberapa stasiun kereta.

Lebih lanjut ...

Robot Bakal Gantikan Peran Dokter dan Perawat

Di Amerika Serikat, robot bisa memberikan perawatan inap di rumah sakit. Robot ini nantinya tak hanya menggantikan dokter & perawat saja. 

Lebih lanjut ...

Canggih, Tato Pintar Ini Bisa Cek Status Kesehatan

Liputan6.com, Massachusetts - Smartwatch dengan kemampuan fitness tracker yang bisa mendeteksi status kesehatan, ternyata tak bisa sepenuhnya berfungsi dengan optimal. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan kapasitas daya dan koneksi nirkabel.

Lebih lanjut ...

Robot-Robot Pengganti Manusia

Perkembangan dunia robotika begitu cepat. Semakin banyak robot tercipta dengan kemampuan mirip manusia. Mereka bisa melakukan aktivitas masak memasak, bermain musik, membantu kegiatan rumah sakit, dan lainnya.

Lebih lanjut ...

5 Gelar Sarjana Ini Akan Punah di Masa Depan

Teknologi bak pisau bermata dua. Pada masa depan, robot akan menggantikan fungsi manusia. Revolusi teknologi yang sedang dihadapi saat ini, tak akan berhenti dalam waktu dekat. Otomatisasi juga bagian besar dari pertumbuhannya.

Lebih lanjut ...

China Berlari, Indonesia Sibuk Bermimpi

Mengapa China Melaju Cepat Melebihi Bangsa-Bangsa Lain?? Hanya 25 tahun Sejak Reformasi Deng, China Sudah Sejajar Dengan AS Dari Segi Kemakmuran. Kini China sudah melewati Barat dari segi ilmu & teknologi. Ini terbukti dalam periode 10 tahun terakhir 60% lebih jumlah paten dunia berasal dari China

Lebih lanjut ...

Jutaan Pemetik Teh Terancam Digantikan Robot

Jakarta - Di masa depan, banyak pekerjaan diprediksi bakal digantikan robot. Termasuk jutaan pekerja di industri teh terancam oleh teknologi canggih itu.

Lebih lanjut ...

Robot Gantikan Pekerjaan Manusia pada 2020

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah penelitian dari The World Economic Forum (WEF) menyebutkan sekitar 5 juta pekerjaan dari segala profesi akan digantikan oleh robot pada 2020 mendatang.

Lebih lanjut ...

All for Joomla All for Webmasters