•   
  •   
  •   
  •   

3 Metode Relaksasi yang Murah Meriah dan Ampuh Usir Stres

fShare
0

Padatnya kesibukan sehari-hari, entah itu seputar pekerjaan di kantor, percintaan, atau masalah sekolah, tak ayal dapat membuat stres. Jika tidak ditangani, stres dapat mengancam kesehatan Anda.

Stres berat dapat menyebabkan gigi ompong, kebotakan, hingga penyakit fisik dan masalah kejiwaan serius. Salah satu cara menghilangkan stres adalah dengan menenangkan diri lewat metode relaksasi. Berikut tiga metode relaksasi diri yang terbukti efektif untuk menghilangkan stres yang bisa Anda contek di rumah.

Berbagai cara menghilangkan stres yang murah meriah

1. Latihan pernapasan

Ada banyak penelitian yang menunjukkan manfaat kesehatan dari latihan pernapasan dalam sebagai cara menghilangkan stres yang tepat. Oksigen yang masuk menggantikan karbon dioksida yang keluar saat kita bernapas dalam-dalam membawa segudang manfaat bagi sistem tubuh. Mengendalikan pernapasan dilaporkan bisa memperlambat detak jantung dan menurunkan atau menstabilkan tekanan darah. Hal ini telah dikaitkan dengan tingkat stres yang lebih rendah.

Caranya: Temukan tempat yang sepi dan nyaman untuk duduk atau berbaring. Setelahnya, coba untuk bernapas normal seperti biasanya dan letakkan tangan di atas perut. Kemudian ambil napas dengan perlahan lewat hidung, biarkan dada dan perut bawah Anda mengembang sampai Anda merasa tangan Anda ikut naik. Biarkan perut Anda mengembang hingga mencapai kapasitas paling maksimalnya. Tahan napas Anda selama beberapa menit, dan kemudian buang napas perlahan lewat mulut (atau bisa lewat hidung jika Anda merasa ini yang lebih nyaman). Anda seharusnya juga akan merasa tangan Anda ikut perlahan turun. Ulangi selama beberapa menit.

Dengan mengendalikan pernapasan, Anda jadi memusatkan pikiran pada pernapasan yang lambat dan dalam sehingga membantu Anda melepaskan diri dari pikiran dan sensasi yang memicu stres. Bernapas dalam-dalam bisa menenangkan saraf di otak. Inilah alasan lain mengapa menarik napas dalam bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi stres.

2. Meditasi

Meditasi adalah cara relaksasi yang sudah dipercaya selama berabad-abad untuk membuat seseorang merasa lebih relaks dan segar. Manfaatnya sebagai cara menghilangkan stres yang efektif pun telah dibuktikan oleh banyak studi ilmiah.

Meditasi yang benar adalah bukan mengosongkan pikiran, tetapi lebih kepada memfokuskan pikiran pada latihan pernapasan seperti di atas. Selama meditasi Anda juga harus menghitung interval pernapasan, kapan Anda harus menghirup udara, kapan harus menahan napas, dan kapan harus mengembuskan napas. Anda juga bisa mengatur sendiri berapa lama waktu Anda bermeditasi, misalnya lima hingga sepuluh menit sampai tubuh dan pikiran rileks dengan sendirinya.

Kunci dari meditasi ini adalah ‘tidak berpikir apa-apa’, hanya fokus pada saat meditasi itu saja. Anda bisa mulai dengan duduk bersila. Letakkan tangan kiri Anda di atas tangan kanan, dengan telapak tangan menghadap ke langit. Buat bentuk oval dengan kedua ibu jari tangan saling menyentuh.

Selanjutnya, ikuti langkah teknik pernapasan seperti poin 1 di atas, sambil mengosongkan pikiran. Fokuskan pikiran Anda untuk membayangkan hal-hal positif yang membuat anda tenang dan bahagia. Ketika Anda mendapati diri Anda kembali memikirkan hal yang membuat stress sesuatu, cobalah untuk kembali berkonsentrasi. Terus bermeditasi sampai Anda merasa rileks.

3. Tertawa

Tertawa adalah cara menghilangkan stress yang alami. Pasalnya, tertawa bermanfaat untuk melepaskan ketegangan pada tubuh dan membuat pikiran Anda lebih plong.

Tertawa dapat mengurangi pelepasan hormon kortisol dan adrenalin, dua hormon pemicu stres, dan menggantinya dengan hormon endorfin yang membuat Anda bahagia. Tertawa juga dapat melatih diafragma, kontraksi perut hingga bahu. Setelah melakukannya, Anda akan merasa bagian-bagian tersebut menegang kemudian menjadi lebih rileks.

Anda bisa meluangkan waktu untuk menonton film lucu, membaca cerita humor, ataupun berkumpul dengan teman-teman yang selalu bisa membuat Anda tersenyum bahkan tertawa.

Selamat mencoba berbagai cara relaksasi di atas!

Diambil dari https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/3-cara-menghilangkan-stres/

fShare
0

  

10 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin C

Vitamin C atau disebut juga asam askorbat adalah zat yang penting bagi tubuh. Vitamin C biasa ditemukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran, dan biasa ditambahkan sebagai pengobatan untuk sariawan dan penyakit seperti batuk pilek. Menurut Mark Moyad, MD, MPH, seorang ahli dari University of Michigan, banyaknya vitamin C yang terkandung dalam darah juga menjadi indikator sehat atau tidaknya seseorang. Kekurangan vitamin C bahkan bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.

Lebih lanjut ...

15 Manfaat jalan Pagi untuk Ibu Hamil Muda dan Tua

Banyak ibu hamil yang belum memahami bahwa banyak bergerak ketika hamil adalah baik karena dapat menyehatkan ibu serta bayinya selama masa kehamilan dan mempermudah proses persalinan kelak. Kesadaran diri tentang manfaat olahraga yang masih minim di kalangan ibu hamil. Banyak ibu hamil yang malas melakukan gerakan gerakan dengan berbagai macam alasan dan ini akan menuai banyak kerugian ketika masa persalinan tiba.

Lebih lanjut ...

Kisah Orang Terkaya di China Ditolak Bekerja di KFC

Jakarta - Jack Ma adalah salah satu orang terkaya di dunia, dengan nilai kekayaan lebih dari USD 36 miliar menurut Forbes. Jauh sebelumnya, ada masa ketika dia benar-benar sulit mendapat pekerjaan. Dia sering menceritakan kisah hidupnya itu sebagai inspirasi.

Lebih lanjut ...

Bagaimana Pola Asuh Orangtua Memengaruhi Perkembangan dan Kepribadian Anak?

Setiap orangtua punya gaya mengasuh yang berbeda-beda. Nah, beda pola asuh orangtua tentu dampaknya pada perkembangan dan pembentukan watak anak juga berbeda. Namun, sebenarnya seperti apa pengaruh pola asuh orangtua bagi anak?

Lebih lanjut ...

Tak Cuma Nikmat, Kopi Juga Bisa Membuat Kita Awet Muda

Menyeruput kopi di pagi hari adalah hal yang sering dilakukan oleh para pecinta kopi. Wajar saja, minum kopi di pagi hari dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi, mengurangi rasa kantuk, dan menambah energi. Kopi memang punya segudang manfaat bagi tubuh, dengan catatan Anda minum kopi dalam batas wajar dan tidak terlalu banyak menambahkan gula atau krim.

Lebih lanjut ...

Halimah Yacob, dari Penjual Nasi Padang ke Istana Presiden Singapura

SINGAPURA, KOMPAS.com - Tidak banyak yang tahu jika Presiden-terpilih Singapura Halimah Yacob hidup pas-pasan di masa kecilnya.

Lebih lanjut ...

Seberapa Besar Faktor Keturunan Memengaruhi Tinggi Badan Anak?

Terdapat dua hal yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, yaitu faktor lingkungan dan faktor keturunan. Tentu, faktor lingkungan adalah faktor yang bisa diperbaiki. Sedangkan, faktor keturunan tidak bisa dimodifikasi lagi.

Lebih lanjut ...

6 Langkah Sederhana untuk Mengurangi Konsumsi Karbohidrat Mulai Hari Ini

Diet karbohidrat merupakan cara yang paling umum dilakukan untuk memulai gaya hidup sehat. Selain memang bikin gemuk, kebanyakan makan makanan bertepung dan bergula tinggi lama-lama dapat menyebabkan diabetes hingga penyakit jantung.

Lebih lanjut ...

Apakah Anda Jago Olahraga? Coba Cek dari Panjang Jari Tangan Anda!

Siapa sangka, panjang jari tangan Anda rupanya bisa memprediksi seberapa hebat kemampuan Anda dalam bidang olahraga. Hal ini telah terbukti dalam penelitian ilmiah, lho.

Lebih lanjut ...

Menurut Ilmuwan, Begini Cara Membakar Lebih Banyak Kalori Saat Berjalan

Agar jalan kaki bisa membakar lebih banyak kalori, berjalan biasa-biasa saja ternyata tidak cukup.

Lebih lanjut ...

Robot-Robot Pengganti Manusia

Perkembangan dunia robotika begitu cepat. Semakin banyak robot tercipta dengan kemampuan mirip manusia. Mereka bisa melakukan aktivitas masak memasak, bermain musik, membantu kegiatan rumah sakit, dan lainnya.

Lebih lanjut ...

Jutaan Pemetik Teh Terancam Digantikan Robot

Jakarta - Di masa depan, banyak pekerjaan diprediksi bakal digantikan robot. Termasuk jutaan pekerja di industri teh terancam oleh teknologi canggih itu.

Lebih lanjut ...

Angpao pun Dikirim dengan WeChat

Tiba di Tianjin pekan lalu saya tersenyum: jumlah sepeda yang bisa disewa bertambah dua kali lipat. Begitu pesat perkembangan enam bulan terakhir.

Lebih lanjut ...

Pertemuan Pertama Kali Tiga Kapal Pesiar Terbesar Dunia

Kapal pesiar Royal Caribbean International Oasis of The Seas, Allure of The Seas, dan Harmony of the Seas terbaru hadir bersama untuk menandai kedatangan barunya di Port Everglades.

Lebih lanjut ...

Raksasa E-Commerce Tiongkok, JD Kembangkan Kendaraan Pengantar Otomatis

Jingdong atau JD.com merupakan e-commerce raksasa terbesar kedua di Tiongkok setelah Alibaba, dan baru-baru ini perusahaan telah mengumumkan kerjasama dengan dua produsen mobil asal Tiongkok, SAIC Maxus dan Dongfeng Motor Corporation untuk mengembangkan mobil van tak berawak pertama di Tiongkok.

Lebih lanjut ...

CHANGING TIME

Dalam 1998, Kodak memiliki 170rb karyawan & menjual 85% dr keseluruhan kertas foto di dunia. Hanya dlm bbrp thn, bisnis model mrk menghilang & mrk bangkrut. Apa yg terjadi pd Kodak, juga akan terjadi pd berbagai industri dlm 10 thn mendatang & sebagian besar org tdk memprediksinya sama sekali.

Lebih lanjut ...

Robot Gantikan Pekerjaan Manusia pada 2020

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah penelitian dari The World Economic Forum (WEF) menyebutkan sekitar 5 juta pekerjaan dari segala profesi akan digantikan oleh robot pada 2020 mendatang.

Lebih lanjut ...

Di Jepang, Fungsi Kasir Mulai Digantikan Robot

Jepang menguji coba robot kasir yang dirancang untuk menghitung total belanjaan, mengurus pembayaran, hingga membungkus barang-barang dengan plastik.

Lebih lanjut ...

Eksistensi Robot Mengancam Profesi Manusia

Sebuah penelitian oleh Forrester Research memperkirakan pada 2021 robot akan mulai mengambil sebagian pekerjaan manusia. Pekerjaan seperti bankir, supir taksi, dan agen pelayanan konsumen, menjadi yang paling terancam oleh perkembangan teknologi kecerdasan buatan.

Lebih lanjut ...

Robot Koki Ini Bisa Masak dan Cuci Peralatan

Jika Anda mungkin tidak memiliki waktu untuk memasak karena sibuknya aktivitas, robot yang dibuat oleh salah satu perusahaan berbasis di Inggris, Moley Robotics bisa jadi solusi. Robot Moley Robotics Kitchen, merupakan robot yang bisa memasak apa pun sesuai keinginan dan mampu langsung mencuci peralatan masak.

Lebih lanjut ...

All for Joomla All for Webmasters