•   
  •   
  •   
  •   

8 Efek Samping yang Bisa Terjadi Akibat Kebanyakan Makan Alpukat

fShare
0

Buah alpukat banyak manfaatnya. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, mengatur gula darah, sampai mencegah cacat lahir pada janin.

Alpukat juga salah satu buah yang baik dicemil saat diet karena tinggi serat dan kaya lemak baik, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Tapi jangan lantas karena tergoda oleh segudang manfaat ini, Anda jadi berlebihan memakannya. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik bagi tubuh, begitu pula dengan buah alpukat.

Konsumsi alpukat yang berlebihan ternyata menyimpan berbagai efek samping yang merugikan, lho!

Efek kebanyakan makan buah alpukat untuk kesehatan

1. Meningkatkan berat badan

Meskipun alpukat masuk dalam kategori buah-buahan, alpukat sebenarnya padat kandungan lemak dan kalori. Kabar baiknya adalah, lemak dalam alpukat tergolong lemak tidak jenuh yang sehat untuk tubuh. Namun, lemak sehat pun tetap dapat menyebabkan berat badan Anda apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Satu buah alpukat ukuran sedang rata-rata memiliki berat 30 gram sehingga total kalori yang dikonsumsi adalah sekitar 322 kalori. Itulah kenapa mengonsumsi terlalu banyak alpukat dapat meningkatkan berat badan Anda.

2. Defisiensi nutrisi

Sebenarnya, tidak masalah jika Anda makan sayuran-sayuran dan buah setiap hari. Alpukat memang benar bergizi dan mengenyangkan, namun nutrisi yang terkandung di dalamnya tidaklah cukup untuk memenuhi asupan nutrisi sehari-hari. Makan makanan yang itu-itu saja hampir setiap hari dapat menyebabkan tubuh bisa mengalami kekurangan zat gizi tertentu.

Buah alpukat minim kandungan protein dan kalsium. Kekurangan protein akan membuat melemahkan jaringan dan massa otot. Asupan kalsium yang tidak memadai dapat meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit tulang, seperti osteoporosis. Alpukat juga tak mengandung cukup zat besi, sehingga Anda lebih rentan mengalami 3L (Letih, Lemah, Lesu) akibat anemia.

Itulah kenapa sangat penting untuk merencanakan menu makan yang seimbang dan bervariasi agar tubuh tetap selalu sehat.

3. Alergi

Meskipun jarang terjadi, beberapa orang bisa saja lama-lama mengembangkan alergi buah alpukat apabila mengonsumsinya secara berlebihan. Menurut ulasan artikel yang diedarkan Juni 2011 dalam jurnal Allergy, Asthma, and Clinical Immunology, alergi alpukat dapat menyebabkan bersin, batuk, pembengkakan, dan hidung tersumbat. Jika gejala-gejala ini Anda alami setelah mengonsumsi alpukat, coba hilangkan dulu buah alpukat dari menu makan harian Anda dan lihat apakah gejala-gejala tersebut masih muncul atau tidak.

4. Menurunkan produksi ASI pada ibu hamil dan menyusui

Tidak ada yan salah dengan mengonsumsi alpukat saat sedang hamil. Selain dapat mempersempit risiko cacat lahir pada bayi, buah alpukat juga bermanfaat untuk meringankan kram kaki akibat kekurangan kalium.

Tapi, berlebihan makan alpukat dapat merusak kelenjar susu sehingga menurunkan produksi susu. Selain itu, terlalu banyak asupan alpukat selama masa menyusui dapat menyebabkan sistem pencernaan anak jadi kurang baik.

5. Merusak hati

Salah satu efek samping serius dari mengonsumsi alpukat terlalu banyak adalah membahayakan kesehatan hati Anda. Terdapat berbagai jenis minyak alpukat yang dapat membahayakan hati Anda. Hindari menggunakan alpukat Meksiko yang mengandung estragole dan anethole. Kedua elemen ini dipercaya memiliki reaksi karsinogenik.

6. Menurunkan kerja obat

Konsumsi alpukat berlebhan dapat menurunkan kerja obat anti peradangan. Konsumsi yang berlebihan juga memicu terjadinya pengenceran darah, sehingga luka bisa lama sembuh.

7. Iritasi saluran pencernaan

Mengonsumsi alpukat dalam jumlah yang banyak dapat mengiritasi saluran pencernaan, sehingga rentan menyebabkan perut kembung, begah, kram, buang gas terus menerus, hingga diare. Iritasi saluran pencernaan dalam jangka panjang dapat memicu infeksi.

8. Menurunkan kolesterol (termasuk HDL, si kolestrol baik)

Buah alpukat dapat menurunkan kadar kolestrol. Kolestrol jahat menyebabkan masalah pada jantung seperti serangan jantung, denyut jantung tak teratur, penyumbatan pembuluh darah, dan lain sebagainya. Jadi, menurunkan kadar kolesterol dapat mencegah Anda dari berbagai permasalahan jantung.

Namun di samping keuntungannya, terdapat efek samping dari kebanyakan makan buah alpukat. Alpukat kaya akan Beta-sitosterol. Beta-sitosterol menyerap kolestrol jahat jika jumlahnya berlebih, namun mereka juga dapat menyerap kolesterol HDL, jenis kolesterol baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu fungsi kolesterol baik HDL adalah menjaga kekuatan dan kesehatan dinding dalam pembuluh darah.

Diambil dari https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/efek-kebanyakan-makan-buah-alpukat/

fShare
0

  

3 Hari dan 3 Hal

Hidup itu hanya 3 hari & 3 hal saja

Lebih lanjut ...

Ini Alasan Jalan Kaki Lebih Baik Daripada Gym

Banyak orang lebih memilih pergi ke gym untuk mendapatkan rangkaian aktivitas fisik yang tepat agar tubuh sehat dan bugar. Padahal rutin berjalan kaki setiap hari diklaim lebih sehat dibandingkan gym, mengapa?

Lebih lanjut ...

8 Jenis Olahraga Otak yang Bisa Bikin Anda Jadi Lebih Pintar

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga membantu mengasah ketajaman otak. Dengan olahraga otak, akan terbentuk saraf-saraf baru yang dapat melindungi Anda dari gejala demensia atau kepikunan sejak dini.

Lebih lanjut ...

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Mental

Anda bosan dengan rutinitas yang monoton? Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa jalan kaki bisa membuat mood lebih baik. Jalan kaki adalah olahraga yang paling murah. Tanpa harus membeli alat-alat berat yang mahal agar bisa berkeringat, jalan kaki dengan jarak tertentu sudah membantu tubuh dalam kelancaran proses metabolisme.

Lebih lanjut ...

Daftar Makanan Nol Kalori yang Malah Bikin Tubuh Cepat Gemuk

Demi tercapainya berat badan ideal, banyak orang yang sengaja untuk makan makanan rendah kalori. Tidak ada yang salah dengan menjalani diet rendah kalori. Tapi Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih jenis makanannya. Sebab, ada beberapa makanan yang tergolong sebagai makanan nol kalori alias empty calorie, yang diam-diam dapat menggagalkan rencana diet Anda, bahkan hingga mengancam kesehatan tubuh. 

Lebih lanjut ...

Kenapa Hidung Saya Merah Terus Padahal Tidak Pilek?

Kebanyakan orang pernah mengalami hidung merah setelah demam, flu, atau akibat reaksi alergi. Akan tetapi, beberapa orang tertentu punya warna hidung yang cenderung kemerahan meskipun tidak sedang flu atau alergi. 

Lebih lanjut ...

Ingin Sukses Berbisnis? Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Jam 7 Pagi

Entrepreneur semakin dianggap sebagai profesi yang menjanjikan. Pasalnya sudah banyak bukti anak muda yang menjadi kaya dengan menjadi entrepreneur. Namun untuk menjadi sukses seperti mereka, Anda harus membiasakan diri dengan hal-hal yang biasa orang sukses lakukan. Salah satunya saat rutinitas pagi. Apa yang Anda lakukan saat pagi turut menentukan produktivitas seharian.

Lebih lanjut ...

Tiga obat terbaik di dunia untuk panjang umur, semuanya gratis

Air adalah faktor pertama untuk umur panjang, Tidur adalah Poh yang terbaik di dunia, Dan berjalan kaki adalah olahraga terbaik, juga merupakan obat panjang umur paling mujarab.

Lebih lanjut ...

Melawan Kanker Dengan Membuat Menjadi Lapar

Aktris Ria Irawan berhasil melawan kanker. Dia melakukannya dengan *membuat sel kanker menjadi lapar.

Lebih lanjut ...

OVERTRAINING:  BAHAYA OLAHRAGA BERLEBIHAN BIKIN KANKER, SERANGAN JANTUNG, STROKE, DAN SINDROMA MATI MUDA

Dalam buku saya Trilogi Sehat Itu Murah, antara lain saya angkat ihwal bahaya olahraga berlebihan atau overtraining yang berkorelasi dengan kejadian mati muda. Kisahnya saya kutip dari Buku Kenneth J Cooper, sang penggagas Aerobics bertajuk "Antioxidant Revolution". 

Lebih lanjut ...

Honda Ciptakan Saudara Asimo, Robot Penanggulangan Bencana

Metrotvnews.com: E2-DR menjadi saudara dari Asimo, robot buatan Honda. Robot E2-DR didesain bukan menjadi robot cerdas, melainkan menjadi bala bantuan pada saat terjadi bencana.

Lebih lanjut ...

Dampak Negative Dengan Adanya robot terhadap pengangguran

Beberapa analis, seperti Martin Ford, penulis The Lights di Tunnel: Otomasi, Teknologi Mempercepat dan Ekonomi Masa Depan, berpendapat bahwa robot dan bentuk lain dari otomatisasi pada akhirnya akan menghasilkan signifikan pengangguran ekonomi kecuali direkayasa untuk menyerap mereka tanpa menggusur manusia, sebagai mesin mulai mencocokkan dan melebihi kemampuan pekerja untuk melakukan sebagian besar pekerjaan.

Lebih lanjut ...

Canggih, Tablet Ini Bisa Dilipat Menjadi Ponsel

Jakarta - Lenovo sudah cukup lama 'bermain' dengan konsep perangkat layar lipat. Kini mereka memamerkan perangkat konsep itu yang sudah bisa dipakai, meski masih jauh untuk menjadi perangkat yang siap dijual ke pasaran.

Lebih lanjut ...

5 Gelar Sarjana Ini Akan Punah di Masa Depan

Teknologi bak pisau bermata dua. Pada masa depan, robot akan menggantikan fungsi manusia. Revolusi teknologi yang sedang dihadapi saat ini, tak akan berhenti dalam waktu dekat. Otomatisasi juga bagian besar dari pertumbuhannya.

Lebih lanjut ...

Nest Hello, Bel Pintu Canggih Milik Alphabet

Metrotvnews.com: Unit bisnis Google yang memproduksi perangkat elektronik untuk rumah pintar, Nest, baru saja merilis produk terbarunya yang canggih, yaitu sebuah bel pintu rumah yang bisa mengetahui siapa yang ada di depan pintu rumah Anda.

Lebih lanjut ...

Rumah RV, Rumah Robot Masa Depan

Banyak sekali kisah fiktif yang menceritakan gambaran kehidupan masa depan, robot selalu dikaitkan dengan apa yang ada pada masa depan.

Lebih lanjut ...

Generasi Muda Harus Punya Pola Pikir Digital

Jakarta - Generasi muda Indonesia harus memiliki pola pikir digital. Yakni pola pikir untuk dapat mengakses dan memanfaatkan informasi yang tersedia dari seluruh dunia sehingga dapat memberikan nilai, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

Lebih lanjut ...

Angpao pun Dikirim dengan WeChat

Tiba di Tianjin pekan lalu saya tersenyum: jumlah sepeda yang bisa disewa bertambah dua kali lipat. Begitu pesat perkembangan enam bulan terakhir.

Lebih lanjut ...

Digantikan Robot, 6 Profesi ini Semakin Punah

Teknologi yang makin maju membuat pekerjaan manusia kini menjadi semakin mudah. Beberapa penemuan baru di bidang teknologi pun ada yang membuat robot untuk mengerjakan pekerjaan yang tadinya dikerjakan oleh manusia.

Lebih lanjut ...

Robot Dan Kendali Dengan Sistem Cloud

Dengan zaman yang semakin maju, teknologi semakin canggih, itulah yang terjadi saat ini. Perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat dalam hitungan bulan beberapa generasi teknologi baru pun mucnul dengan peningkatan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya, saat ini saya akan membahas mengenai perkembangan robotika.

Lebih lanjut ...

All for Joomla All for Webmasters