Dikutip dari laman Sciencenews.org, Minggu (31/12/2017), satu tim robotik asal Negeri Sakura tersebut mendesain robot seukuran anak laki-laki yang diberi nama Kengoro.

Robot itu terdiri dari struktur rangka, otot, fleksibilitas persendian robot yang proporsinya serupa dengan tubuh anak laki-laki.

Apabila dibandingkan dengan robot humanoid sebelumnya, Kengoro jauh lebih luwes dan tak kaku. Desain robot ini sangat fleksibel dan dapat melakukan gerakan seperti manusia.

Tim peneliti diketuai oleh Masayuki Inaba, seorang insinyur dari University of Tokyo.

Sistem persendian yang mereka susun dapa membuat tubuh Kengoro melengkung-lengkung. Hebatnya, robot ini juga dapat melakukan gerakan sit up dan back up.

Lengan robot ini pun juga bisa mengayunkan tanganya sambil memegang raket.

Butir-butir air yang keluar dari rangka logam Kengoro membuatnya nampak seolah berkerigat. Namun, air ini berfungsi mendinginkan motor dan otot buatan selama Kengoro berolah raga.

Menanggapi karya para insinyur Jepang itu, insinyur asal University of Texas, Austin AS, Luis Sentis mengatakan tampilan Kengoro sangat mirip manusia dengan anatomi yang unik.

Pembuatan robot humaoid bisa mengarah pada pengembangan organ tubuh manusia yang lebih canggih. ''Robot yang makin realistik juga bisa menjadi bahan percobaan gerak refleks manusia saat terjadi kecelakaan,'' kata Sentis.


Magazine - Other articles